Momentum HUT Ke-87 NWDI, TGB Optimistis NWDI Mendunia

Sabtu, 17 September 2022 - 17:30 WIB
loading...
A A A


Manhaj Ahlussunnah Waljamaah juga menyebar ke Afrika bagian barat seperti Mesir, Afrika Timur seperti Maroko, Tunisia, Aljazair, dan Afrika bagian selatan seperti Nigeria, dan hampir semua negara Islam.

"NWDI juga punya tradisi mengorganisasi diri, punya tradisi berpikir untuk mencapai kemaslahatan bersama. Almagfurullah Maulana Syekh membangun madrasah NWDI pada 1937 dan pada 1953 membangun organisasi. Sebagai entitas yang terus bergerak, tentu NWDI harus menyesuaikan dengan tuntutan zaman," papar TGB yang juga Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo itu.

Tidak hanya itu, pendiri Nahdlatul Wathan, Almagfurullah Maulana Syech TG.K.H Zainuddin Abdul Majid juga mewariskan nilai-nilai keislaman yang universal.

Nilai-nilai yang relevan dengan berbagai masa baik masa revolusi industri hingga masa 4.O saat ini. Nilai-nilai itu yakni keikhlasan, keyakinan, kesabaran dan istiqomah.

Semua nilai itu selalu relevan dengan perkembangan zaman. Sumber daya manusia yang dimiliki NWDI juga menjadi modal untuk berjuang. TGB menegaskan, sumberdaya manusia NWDI bisa menunjukkan karya nyata ketika mendapat ruang dan kesempatan.

Perwakilan NWDI yang resmi saat ini di luar negeri baru tiga yakni di Mesir, Yaman, dan Malaysia. Meski begitu, kader-kader NWDI menurutnya sudah ada di mana-mana. Artinya, bukan saja yang merupakan abinturen atau alumni dari lembaga pendidikan NWDI, tapi kader NWDI menurut TGB adalah semua yang sepaham dengan nilai-nilai perjuangan NWDI.

"Kader NWDI itu yang bermanhaj Ahlussunnah Waljamaah, memiliki pemahaman bahwa keislaman dan keindonesiaan sama-sama penting yang harus diperjuangkan dalam satu tarikan nafas. Apapun latar belakangnya, selama berpegang pada nilai-nilai itu, mereka bagian dari NWDI," ungkap TGB.

Rakernas NWDI dihadiri lebih kurang 230 orang baik pengurus, Dewan Muhtasyar dan Dewan Pakar. Ketua Dewan Pakar NWDI Dr H Zulkieflimansyah yang juga Gubernur NTB ikut memberikan masukan-masukannya demi kemajuan NWDI ke depan.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2768 seconds (0.1#10.140)