Peduli Lingkungan, IKAJO Sulsel Gelar Pelatihan Membatik Ecoprint

Minggu, 28 Agustus 2022 - 19:36 WIB
loading...
Peduli Lingkungan, IKAJO Sulsel Gelar Pelatihan Membatik Ecoprint
Ikatan Alumni Jogjakarta (IKAJO) Sulsel bersama Keluarga Alumni Gaja Mada (KAGAMA) Sulsel menyelenggarakan Kelas Membatik Ecoprint. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Ikatan Alumni Jogjakarta (IKAJO) Sulsel bersama Keluarga Alumni Gaja Mada (KAGAMA) Sulsel menyelenggarakan Kelas Membatik Ecoprint dengan tema "Pemanfaatan Daun sebagai Pewarna Bahan Alami dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Menuju Smart Environment, Smart City".

Pelatihan ini mulai digelar pada Jum'at (26/08/2022), di Sekretariat IKAJO Sul Sel Jalan Pengayoman Kompleks Ruko Akik Hijau Makassar.



Achmad Zulfikar, Ketua Panitia Pelaksana menyatakan Kelas Membatik Ecoprint adalah kelas yang didesain untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang pemanfaatan bahan alami dalam pewarnaan batik. Metode merupakan upaya menjaga kelestarian alam.

Kegiatan membatik ecoprint adalah rangkaian kegiatan Merdeka dari Sampah yang dilakukan oleh IKAJO Sulsel pada tanggal 14 Agustus 2022 lalu yang berbasis RT/RW.

Ia menambahkan bahwa kegiatan Merdeka dari Sampah yang diprakarsai IKAJO Sulsel bekerjasama dgn Ketua RT 03, RT 04 dan RT. 06 RW 03 Kelurahan Masale, Kecamatan Panakukkang, Kota Makassar adalah membangun kesadaran partisipasi masyarakat agar peduli kelestarian alam, khususnya terhadap kebersihan di lingkungan RT masing-masing, agar tetap terpelihara, asri dan elok.

Kegiatan ini sebagai bentuk sumbangsih alumni Jogja, KAGAMA Sulsel bersama IKAJO Sulsel didukung oleh RT. 03, Kecamatan Masale, Kecamatan Panakukkang, Kota Makassar, Sayidan Kedai dan Muda Kreatif Berkarya dalam rangka menjaga eksistensi pelestarian alam, baik Merdeka dari Sampah, maupun membatik dengan pemanfaatan bahan alami (ecoprint).

"Kegiatan ini diikuti oleh warga Kelurahan Masale dan beberapa alumni Jogjakarta sendiri," tandasnya.

Asniar Khumas, Dewan Presidium Nasional IKAJO yang juga sebagai penanggungjawab kegiatan memaparkan bahwa tujuan Kelas Membatik Ecoprint ini ada dua.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2732 seconds (0.1#10.140)