Ide Peluang Usaha, Milenial Yogyakarta Belajar Pembuatan Shibori

Kamis, 13 April 2023 - 12:47 WIB
loading...
Ide Peluang Usaha, Milenial Yogyakarta Belajar Pembuatan Shibori
Relawan Srikandi Ganjar mengadakan Workshop Pembuatan Shibori di Kota Yogyakarta, Kamis (13/4/2023). Dalam workshop tersebut mereka melibatkan sejumlah milenial dari berbagai wilayah. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Relawan Srikandi Ganjar mengadakan Workshop Pembuatan Shibori di Kota Yogyakarta. Dalam workshop tersebut mereka melibatkan sejumlah milenial dari berbagai wilayah.

Worshop digelar di Cangkir Heritage Resto & Coffee, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta, DIY "Kegiatan itu diisi dengan edukasi mengenai cara pembuatan Shibori kepada perempuan milenial," kata Korwil Srikandi Ganjar DIY Herawati dalam siaran persnya, Kamis (13/4/2023).

Herawati mengatakan shibori merupakan salah satu batik yang digemari di dalam negeri. "Teknik pewarnaan batik ini berasal dari Jepang. Shibori berasal dari kata kerja shiboru yakni merupakan teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan," lanjutnya.

Dia menuturkan bahwa seiring perkembangan zaman, shibori juga mengalami perubahan. Seperti menggunakan kain yang lebih berkualitas, corak semenarik mungkin, dan lebih berwarna.

"Slain diberikan edukasi dari pematerinya, para peserta juga diberikan kesempatan dalam membantu pembuatan shibori untuk dipraktikkan," lanjutnya.

Dia menilai pelatihan ini sangat tepat, apalagi menjelang Lebaran seperti sekarang. "Kegiatan membuat shibori ini bisa dijadikan ide usaha bagi para milenial," ujar perempuan yang karib disapa Hera itu.

Selain mengadakan workshop, relawan turut memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo kepada warga dan para peserta. Erlin (24), salah satu yang ikut dalam workshop mengapresiasi kegiatan ini. "Workshop yang diadakan Srikandi Ganjar ini tentu sangat bermanfaat. Kami bisa memahami pembuatan shibori," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)