Lestarikan Budaya, Pemuda Papua Gelar Pelatihan Membatik

Kamis, 09 Maret 2023 - 20:22 WIB
loading...
Lestarikan Budaya, Pemuda Papua Gelar Pelatihan Membatik
Komunitas Papua Muda Inspiratif (PMI) menggelar pelatihan membatik di gedung PYCH, Kota Jayapura, Kamis (9/3/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAYAPURA - Komunitas Papua Muda Inspiratif (PMI) menggelar pelatihan membatik di gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), Kota Jayapura. Organisasi pemuda binaan Badan Intelijen Negara (BIN) itu mengajak anak muda Papua cinta membatik dan mampu melestarikan salah satu budaya Bumi Cenderawasih tersebut.

Kegiatan ini untuk mengembangkan kreativitas, budaya, dan inovasi anak muda Papua . Pelatihan ini merupakan rangkaian pre-event sebelum peresmian Gedung PYCH oleh Presiden Joko Widodo.

Pengajar dalam pelatihan ini, Miriam Veronica mengatakan, dalam pelatihan tersebut yang dibikin adalah motif khas Papua hasil buah pemikiran para peserta. "Ada yang mengangkat motif dari lambang keluarga mereka sendiri, ada yang dari tumbuhan, juga ada dari hewan-hewan air seperti penyu yang berarti umur panjang, dan banyak lagi yang kami tambahkan di situ, yang kami ambil dari petikan-petikan motif yang sudah mereka gali," kata Miriam, Kamis (9/3/2023).

Proses membatik dalam pelatihan tersebut menggunakan dua teknik, yakni membubuhkan malam (lilin batik) dengan canting dan kuas. "Yang kuas ini sifatnya lebih ekspresif ya. Kalau canting sendiri, mereka masih belajar menggunakan canting," jelasnya.

Dia mengaku takjub dengan antusiasme para peserta dalam pelatihan ini. Miriam mengatakan, selama dia memberikan materi para pemuda Papua selalu bertanya dan ingin mencoba motif dan teknik baru.

"Sebenarnya kami hanya memantik ya, bukan mengajarkan. Memantik ide-ide yang mereka bisa kumpulkan dari budaya mereka sendiri, kemudian kami tuangkan ke kain," ungkapnya.

Salah satu peserta, Penita Bumi mengikuti pelatihan ini karena sejak kecil dia gemar menggambar motif-motif. Dia pun berharap agar bisa turut menginspirasi rekan-rekan sesama anak muda untuk bisa ikut melestarikan budaya Papua dengan membatik.

"Hari ini mencanting batik dengan motif dari Sentani. Motif ini cantik sekali, makanya saya buat motif ini. Saya paling senang membuat motif ini karena memang dari kecil saya senang dan hobinya membuat motif," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)