Masuk Indonesia Melalui Tobelo, 3 WNA Filipina Diamankan Petugas Imigrasi

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 12:53 WIB
loading...
Masuk Indonesia Melalui Tobelo, 3 WNA Filipina Diamankan Petugas Imigrasi
WNA Filipina ditangkap. Foto: Ismail/SINDOnews
A A A
TOBELO - Tim Pengawas Orang Asing Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, mengamankan 3 orang pasangan suami istri dan anak WNA asal Filipina.

Ketiga WNA ini diamakan di Desa Gorua Gorua Selatan, Kecamatan Tobelo Utara, pada Kamis (25/8/2022). Mereka masuk secara ilegal dari Filipina menggunakan Long Boat.

Kepala Kantor Imigrasi Tobelo, Agung Pramono mengatakan, tiga WNA ini masuk ke wilayah Indonesia melalui Pulau Balut Filipina menuju Tobelo, pada pertengahan Juli 2022.



"Tiga orang WNA ini sekarang dilakukan pendalam dan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kegiatan mereka di Indonesia," kata Agung, Jumat (26/8/2022).

Dijelaskan dia, masalah ini pihak Kantor Imigrasi Tobelo juga sudah melakukan koordinasi dengan Konsulat Jenderal Filipina di Manado terkait kasus tersebut.

Menurutnya, pengungkapan kasus ini, merupakan hasil sinergitas dan kerja sama Kantor Imigrasi Tobelo dan Polres Halmahera Utara.



“Harapan kami ke masyarakat dapat melaporkan ke kantor Imigrasi atau Polres jika ada kedatangan WNA yang diduga ilegal,” pintanya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Iptu Elvin Septian Akbar mengatakan, informasi ini awalnya didapat dari masyarakat terkait adanya dugaan penyelundupan orang asing di kabupaten setempat.

Setelah itu, anggota Resmob selama 2 minggu melakukan penyelidikan dan akhirnya menangkap tiga orang warga negara Filipina itu dan membawanya ke kantor Imigrasi.


"Untuk pengungkapan kasus orang asing di Halmahera Utara baru pertama, dan sekarang kita masih lakukan pendalaman,” jelasnya.

Untuk diketahui, ketiga WNA asal Filipina yaitu RAC alias Reynalod, JB alias Jenny, dan CR alias Clyde. Mereka sementara ditempatkan di ruang Retensi Kantor Imigrasi Tobelo.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6099 seconds (0.1#10.140)