Legenda Selat Sunda yang Terbentuk dari Air Kendi Pusaka Prabu Rakata

Selasa, 09 Agustus 2022 - 05:01 WIB
loading...
A A A
Dengan kesaktian yang dia miliki, sekali menghentakkan kaki ke bumi, Prabu sudah berada di pantai, lalu mengisi kendi pusaka dengan air laut. Lalu, ia kembali ke tempat di mana kedua putranya berdiri terpaku.

Prabu Rakata lalu menyiramkan air laut dalam guci ke permukaan bumi di antara kedua putranya yang berdiri berhadapan, mengarah ke utara dan selatan. Setelah air laut habis dituang, ditaruhnya gucinya di tengah-tengah tempat yang disiram dengan air laut tersebut.

Apa yang terjadi setelah itu? Dimulai dari guci itu, daratan mulai retak dan terbelah. Bumi bergetar dengan hebatnya, terus bergetar hingga membentuk sebuah celah dalam dan lebar. Baca juga: Gelombang Tinggi, Pengguna Jasa Penyeberangan Merak-Bakauheni Diminta Waspada

Retakan bumi terus menjalar ke arah selatan hingga menemui Lautan Hindia dan ke utara hingga menemui Laut Jawa. Retakan itu kemudian diisi kedua air laut Hindia dan Jawa. Maka sejak itu terjadilah Selat Sunda. Sementara kendi pusaka milik Prabu Rakata berubah jadi gunung dengan nama Rakata yang kini lebih dikenal Gunung Krakatau.
(don)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2016 seconds (10.177#12.26)