Kisah Hasjim Ning, Raja Mobil Indonesia Berdarah Minang Keponakan Bung Hatta

Kamis, 04 Agustus 2022 - 11:06 WIB
loading...
Kisah Hasjim Ning, Raja Mobil Indonesia Berdarah Minang Keponakan Bung Hatta
Hasjim Ning saat mendampingi Bung Karno meninjau Indonesian Service Company (ISC), pabrik perakitan mobil pertama di Indonesia. Foto/Repor/Ist.
A A A
Indonesia baru enam tahun merdeka, berbagai terobosan coba diambil pemerintahan Soekarno. Salah satunya, bagaimana Indonesia bisa memiliki industri perakitan mobil sendiri, sebagai upaya mewujudkan kemandirian ekonomi.



Maka didirikanlah persero perakitan mobil negara yang diberi nama Indonesian Service Company (ISC). Untuk bergerak, ISC mendapat kucuran kredit dari Bank Negara Indonesia (BNI) yang kala itu Margono Djojohadikusumo sebagai presiden direkturnya.



Dengan modal pinjaman bank negara yang sekaligus menjadi penyerta modal, ISC memilih Dodge untuk sedan dan truk, serta Willys untuk jip, sebagai mobil yang akan dirakit. Pilihan tersebut untuk memenuhi kepentingan pemerintah, sipil, dan militer.



Sebagai lokasi pabrik perakitan mobil, dipilihlah wilayah Tanjung Priok, Jakarta, di mana sebuah gudang besar telah disewa. Namun belum lama berjalan timbul tekanan politik di mana jabatan Presiden Direktur ISC yang dipegang Tan Goan Po, harus diganti. Nama yang terpilih sebagai pengganti adalah Hasjim Ning, pemilik usaha Jakarta Motor Service yang bergerak di bidang perbengkelan.

Keinginan menempatkan Hasjim Ning sebagai pimpinan ISC disampaikan langsung oleh Margono Djojohadikusumo. "Tanpa banyak basa-basi Margono langsung saja menyampaikan rencananya," tulis AA. Navis dalam buku Pasang Surut Pengusaha Pejuang, Otobiografi Hasjim Ning (1986).

Hasjim Ning terlahir dengan nama Masagoes Noer Moechammad Hasjim Ning 22 Agustus 1916 di Nipah, Padang, Sumatera Barat. Ayahnya bernama Ismail Ning dan ibunya Umi Salamah. Nama Ning di belakang namanya diambil dari nama kakeknya, Haji Ning, seorang saudagar kaya raya Padang di masanya.

Secara kekerabatan, Hasjim Ning terhitung masih kerabat Bung Hatta yang sama-sama orang Minang. Kakek Hasjim Ning merupakan ayah tiri Bung Hatta, karena telah menikahi Saleha, ibunda Bung Hatta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2643 seconds (0.1#10.140)