Gelar Mahakarya Vokasi di Surabaya, Kemendikbudristek Pamerkan 20 Produk Inovasi

Kamis, 28 Juli 2022 - 18:56 WIB
loading...
Gelar Mahakarya Vokasi di Surabaya, Kemendikbudristek Pamerkan 20 Produk Inovasi
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati (kiri) meninjau booth Politeknik Angkatan Darat saat pembukaan Mahakarya Vokasi bertajuk VokasiLand Road To Hakteknas 2022 di Surabaya, Kamis (28/7/2022).Foto/ist
A A A
SURABAYA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menggelar karya kolaborasi Mahakarya Vokasi bertajuk VokasiLand Road To Hakteknas 2022. Kegiatan ini berlangsung mulai 28 hingga 31 Juli 2022 di Grand City Mall, Surabaya, Jawa Timur.

Mahakarya Vokasi merupakan kegiatan yang akan menghadirkan berbagai aktivitas menarik, mulai dari edukasi terkait pendidikan vokasi, pameran produk-produk inovasi dan teknologi dari satuan pendidikan vokasi yang merupakan hasil program Merdeka Belajar. Selain itu, pengunjung Mahakarya Vokasi ini juga dapat turut serta dalam berbagai gim dan kuis-kuis menarik. Acara yang dilakukan selama empat hari tersebut juga akan diisi dengan temu komunitas dan sejumlah gelar wicara dengan figur-figur inspiratif di pendidikan vokasi.

Baca juga: Gunung Raung Meletus pada Malam Kamis Kliwon, Warga Diminta Tidak Melakukan Pendakian

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kiki Yuliati mengatakan, pendidikan vokasi sebagai pendidikan afirmatif, menekankan pada pola keahlian, keterampilan untuk menjawab kebutuhan sosial dan masyarakat dalam mencapai kesejahteraan, mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi, serta mendongkrak daya saing ekonomi.

Ia mengatakan, apa yang ditampilkan dalam Mahakarya Vokasi melalui VokasiLand termasuk berbagai produk-produk inovasi teknologi yang dipamerkan, menunjukkan bahwa satuan-satuan pendidikan vokasi baik SMK maupun perguruan tinggi sesungguhnya sudah mengacu pada perkembangan industri 4.0.

"Salah satu arah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) kita ke depan adalah manusia-manusia pekerja keras yang dinamis, produktif, terampil serta mampu dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, “ kata Kiki, saat membuka Mahakarya Vokasi: VokasiLand road to Hakteknas 2022, di Surabaya, Kamis (28/7).

Kiki berharap, kegiatan-kegiatan serupa akan lebih banyak lagi bisa dilakukan untuk lebih memacu kreativitas dan inovasi dari para siswa di satuan-satuan pendidikan vokasi. Sehingga peran pendidikan vokasi dalam meningkatkan daya saing bangsa bisa terwujud melalui berbagai produk-produk inovasi yang lebih mutakhir dan unggul. Kiki mencontohkan, pengembangan teknologi mobil listrik karya Politeknik Negeri Jember yang mampu menjawab tantangan teknologi kendaraan masa depan yang lebih ramah lingkungan.

“Produk-produknya juga ditampilkan selaras dengan perkembangan industri 4.0 dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat melalui berbagai inovasi-inovasi teknologi yang dihasilkan,” kata Kiki.

Sekretaris Pokja Vokasi Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Heru Dewanto, mengaku sangat mendukung kegiatan yang menampilkan berbagai produk-produk inovasi yang lahir dari satuan-satuan pendidikan vokasi tersebut. Ia berharap produk-produk inovasi tersebut tidak berhenti pada pengembangan produk semata, tetapi bisa dikomersialkan sehingga bisa membuka lapangan.

“Mahakarya Vokasi ini membuka mata kita bahwa lulusan pendidikan vokasi tidak hanya siap untuk langsung bekerja di industri tapi juga siap menjadi entrepreneur muda melalui komersialisasi inovasi-inovasi mereka,” kata Heru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5351 seconds (0.1#10.140)