Gunung Raung Meletus pada Malam Kamis Kliwon, Warga Diminta Tidak Melakukan Pendakian

Kamis, 28 Juli 2022 - 05:40 WIB
loading...
Gunung Raung Meletus pada Malam Kamis Kliwon, Warga Diminta Tidak Melakukan Pendakian
Gunung Raung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Bondowoso, meletus pada Rabu (27/7/2022) sore. Foto/iNews TV/Eris Utomo
A A A
BANYUWANGI - Gunung Raung, meletus pada Rabu (27/7/2022) sore, atau malam Kamis Kliwon menurut perhitungan penanggalan Jawa. Dari kawah Gunung Raung, menyembur abu vulkanik setinggi 1.500 meter.

Baca juga: Rowo Bayu, Pertapaan Prabu Tawang Alun yang Selalu Diselimuti Kabut Misteri

Adanya hembusan angin kencang, membawa abu vulkanik letusan Gunung Raung tersebut condong ke arah barat, barat laut dan utara. Meski mengalami letusan, namun hingga saat ini aktivitas vuklanik Gunung Raung masih berada pada status normal atau level I.



Kepala Pos Pantau Gunung Api Raung di Dusun Mangaran, Desa sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Mukijo menyebutkan, Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.32 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, meletus pada pukul 17.19 WIB.

Baca juga: 11 Pemuda Ditangkap saat Hendak Tawuran, Senjatanya Sangat Mematikan

Saat terjadi letusan Gunung Raung, tercatat terjadi gempa tremor dengan amplitudo maksimum 32 mm, berdurasi 542 detik. Gempa tremor ini dibarengi dengan hembusan asap putih kelabu dari kawah Gunung Raung.

Baca juga: Detik-detik Penggerebekan Perwira Polisi saat Asyik Berduaan dengan Istri TNI

Mukijo menambahkan, hingga saat ini aktivitas vuklanik Gunung Raung masih berada pada level I atau normal. Masyarakat diimbau tetap tenang, namun tidak melakukan segala bentuk aktifitas pendakian atau mendekati kawah, guna menghidari gas vulkanik beracun yang dapat membahayakan jiwa.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2525 seconds (10.55#12.26)