Bank Syariah Indonesia Komitmen Dukung Pelaksanaan Sandeq Festival 2022

Selasa, 26 Juli 2022 - 15:51 WIB
loading...
Bank Syariah Indonesia Komitmen Dukung Pelaksanaan Sandeq Festival 2022
Pj. Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik saat bertemu Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI) Arief Rosyid Hasan mendapat dukungan pelaksanaan Festival Sandeq
A A A
MAMUJU - Pelaksanaan Festival Sandeq 2022 mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia (BSI). Dalam kesempatan pertemuannya dengan Pj. Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik, Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI) Arief Rosyid Hasan menyatakan dukungannya atas pelaksanaan Festival Sandeq. Pertemuan tersebut digelar di Jakarta pada Senin (25/7/2022).

"BSI sebagai salah satu lembaga keuangan terkemuka sudah menyatakan siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq 2022. Support ini akan sangat membantu upaya menyukseskan Festival Sandeq yang merupakan kebanggaan masyarakat Sulbar," ujar Akmal Malik.

Hal senada dikatakan Arief Rosyid. Pihaknya akan mendukung festival tersebut. "Secara keseluruhan, kami siap mendukung pelaksanaan Festival Sandeq 2022 dan juga membangun kerja sama strategis khususnya di bidang ekonomi syariah dengan Pemprov Sulbar yang saat ini dipimpin Pak Akmal," ujarnya.

Festival Sandeq rencananya akan diikuti sekitar 34 perahu Sandeq. Mereka akan berlayar mengarungi selat Makassar. Akmal Malik menyatakan, 34 perahu Sandeq merupakan simbol jumlah provinsi di Indonesia dan merupakan wujud dukungannya dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara.

Bank Syariah Indonesia Komitmen Dukung Pelaksanaan Sandeq Festival 2022


“Simbolisasi dukungan 34 provinsi untuk pembangunan IKN itu dibungkus dengan budaya mandar melalui Festival Sandeq. Akmal menjelaskan, kearifan lokal budaya Mandar sangat bagus sebagai simbol hubungan Indonesia terhadap IKN, “ katanya.

Festival Sandeq 2022 akan mengambil rute dari Mamuju, Sulawesi Barat menuju Ibu Kota Negara (IKN). Pembukaan festival perahu tercepat tanpa mesin di dunia itu diagendakan pada September 2022 sambil menunggu informasi cuaca dari BMKG.

Event sandeq race pada festival ini akan diikuti 34 peserta dengan rincian 20 Sandeq lomba, 10 Sandeq pallarung dan 4 Sandeq parroppong. Ada enam etape yang dilalui mulai dari Tanjung Silopo di Polman hingga finis di Balikpapan Super Blok (BSB) di Balikpapan, Kalimantan Timur dengan membelah Selat Makassar.

Dalam pelaksanaannya dengan berkoordinasi dengan Angkatan Laut RI, Festival ini bakal dikawal dua kapal Pa'sandeq ketika melintasi Selat Makassar. Hal ini dilakukan untuk menjamin keselamatan Pa'sandeq sebagai syarat utama kegiatan Festival Sandeq 2022 ini.

Sementara itu pada kesempatan pertemuan antara Akmal Malik dan Arief Rosyid, juga dibahas tentang rencana kerja sama antara BSI dan Pemprov Sulbar untuk membangun ekositem ekonomi syariah di Sulawesi Barat dengan melibatkan kalangan milenial sebagai generasi terdepan dalam pembangunan. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2269 seconds (0.1#10.140)