Hutan di Kawasan Danau Toba Terbakar Hebat, 1 Petani Tewas

Sabtu, 23 Juli 2022 - 23:29 WIB
loading...
Hutan di Kawasan Danau Toba Terbakar Hebat, 1 Petani Tewas
Kebakaran hutan terjadi di kawasan Danau Toba, mengakibatkan satu orang tewas. Foto/iNews TV/Aries Fernando Manalu
A A A
TOBA - Seorang petani di Desa Sitangor, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, tewas dalam kebakaran yang melanda hutan di kawasan Danau Toba. Korban diduga terjebak dalam kobaran api yang membakar hutan, hingga tak dapat ke luar dari kepungan api.

Baca juga: 100 Hektare Lahan Gambut di Kabupaten OKI Terbakar, Pemadaman Terus Dilakukan

Kobaran api dengan cepat melalap kawasan hutan tersebut, karena kondisinya sedang kering akibat kemarau. Akibat kebakaran hutan ini, menimbulan asap putih pekat sehingga mengganggu kualitas udara di kawasan Danau Toba.



Petugas dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, dibantu para relawan dan petugas dari intansi lain termasuk TNI serta Polri, berjibaku untuk memadamkan kebakaran hutan yang semakin meluas tersebut.

Baca juga: Dobrak Kamar Hotel, Satpol PP Temukan 2 Gadis Belia Asyik Dilucuti 2 Pemuda

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Unit Dolok Sanggul, Benhard Purba mengatakan, telah berupaya melakukan pemadaman kebakaran hutan dengan dibantu relawan, TNI, Polri, dan warga. " Kebakaran sulit dipadamkan, karena angin bertiup kencang dan banyak bahan kering yang mudah terbakar," ungkapnya.

Hutan di Kawasan Danau Toba Terbakar Hebat, 1 Petani Tewas


Terbatasnya peralatan yang tersedia untuk memadamkan kebakaran hutan tersebut, membuat para relawan memadamkan api dengan peralatan seadanya. Salah satunya dengan memukulkan dahan-dahan pohon ke kobaran api.

Baca juga: Aneh! Anggota Dewan Sidak Rumah Dinas Bupati Dihadang Satpol PP

Kebakaran ini diduga berasal dari bawah jalan Desa Sitanggor. Angin yang cukup kencang, membuat asap kebakaran hutan ini menyebar kemana-mana. "Untuk penyebab kebakaran, belum dapat dipastikan," ujar Benhard Purba.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2013 seconds (10.177#12.26)