IAIN Parepare Bahas Potensi Kerja Sama dengan Bupati Pinrang

Selasa, 19 Juli 2022 - 13:53 WIB
loading...
IAIN Parepare Bahas Potensi Kerja Sama dengan Bupati Pinrang
Bupati Pinrang, Irwan Hamid (kanan) bersama Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Parepare, DR Hannani. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle
A A A
PINRANG - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Parepare, DR Hannani melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pinrang , Selasa (19/7/2022). Dalam kunjungannya itu, ia bertemu Bupati Pinrang, Irwan Hamid.

Saat diterima Bupati Pinrang, Hannani mengatakan, kunjungannya kali ini untuk bertemu dengan Bupati dalam rangka menjalin komunikasi dan kerja sama dengan Pemkab Pinrang terkait pendidikan.

Baca juga:Stasiun Geofisika Gowa Gandeng Pemkab Pinrang Gelar Sekolah Lapang

Hannani mengemukakan, mahasiswa yang kuliah saat ini di IAIN Parepare, sebagian besar merupakan warga Pinrang. Atas dasar itulah, kata dia, pihaknya menganggap perlu menjalin sinergi dengan Pemkab Pinrang .

Hannani menjabarkan, IAIN Parepare merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di bawah naungan Kementerian Agama RI . Pada awal berdirinya, kata dia, kampus ini hanya cabang dari Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin Makassar. Kemudian bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam tahun 1997 dan kembali bertransformasi menjadi IAIN tahun 2018 lalu.

Baca juga:Pemkab Pinrang Incar Opini Wajar Tanpa Pengecualian ke-11

"Perubahan status ini telah menempatkan IAIN Parepare sebagai Perguruan Tinggi Islam Negeri terbesar di Sulsel khususnya di kawasan Ajatappareng, baik dari kualitas maupun kuantitasnya," jelasnya.

Hannani menambahkan, IAIN Parepare menyelenggarakan pendidikan strata satu (S1) dan strata 2 (S2) dengan telah membuka dan membina 4 Fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah dan Hukum Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Pascasarjana dengan berbagai program studi dan disiplin ilmu yang dikembangkan.

"IAIN Parepare saat ini juga telah membina sekitar 10 ribuan mahasiswa dan telah memiliki ribuan alumni yang berprofesi dan bekerja dalam berbagai bidang yang tersebar di seluruh pelosok tanah air mau pun di luar negeri," ungkap Hannani.

Baca juga:Pasar Tani di Kabupaten Pinrang Diharap Terus Digalakkan

Sementara itu, Bupati Irwan Hamid , menyambut kemitraan IAIN dengan Pemkab Pinrang. Irwan mengapresiasi dan memberi penghargaan atas undangan IAIN Parepare untuk memberikan mata kuliah umum.

"Tentunya kita mengapresiasi kehadiran IAIN Parepare sebagai lembaga pendidikan atas kontribusinya dalam proses pembangunan khususnya dalam peningkatan SDM di Pinrang," tandasnya.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3247 seconds (10.177#12.26)