Ekonomi Kota Palopo Tetap Tumbuh dan Tangguh di Tengah Pandemi

Senin, 04 Juli 2022 - 08:31 WIB
loading...
Ekonomi Kota Palopo Tetap Tumbuh dan Tangguh di Tengah Pandemi
Wali Kota Palopo, HM Judas Amir. Foto/Istimewa
A A A
PALOPO - Hari Jadi Kota Palopo kali ini diperingati pada saat berbagai belahan dunia sedang berupaya bangkit dan pulih dari dampak multi sektor Pandemi Covid-19.

Wali Kota Palopo , HM Judas Amir mengungkapkan, tema yang diusung pada peringatan HUT Kota Palopo ke-20 kali ini adalah Palopo Tangguh, Ekonomi Tumbuh.

Hal itu diunggkapkan Wali Kota Palopo dalam sambutannya, pada rapat paripurna DPRD Palopo, dalam rangka memperingati HUT Kota Palopo ke-20 di Aula Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Sabtu (2/7/2022).

Kata Judas Amir, tema ini dipilih dengan kesadaran, bahwa dengan ketangguhan yang telah dibangun, perlu dipertahankan dan ditingkatkan bersama, sehingga ekonomi daerah tumbuh. Hal ini juga sebagai bentuk konsistensi terhadap visi Kota Palopo, yakni Maju, Inovatif, dan Berkelanjutan.

"Saya berharap tema ini menjadi semangat dan menguatkan tekad seluruh Jajaran Pemerintah Kota Palopo , masyarakat dan stakeholder lainnya untuk tetap bahu membahu membangun daerah sebagai bagian gerak membangun NKRI," katanya



Tahun 2019 dan 2020 adalah dua tahun terberat bagi masyarakat, dunia usaha dan pemerintah dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19, dimana kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di tengah masyarakat melemah, bergerak lamban bahkan stagnan.

Pemutusan hubungan kerja atau PHK dan kehilangan mata pencarian, adalah dinamika yang ada di tengah masyarakat. Pendekatan dalam pelayanan publik harus beradaptasi dengan pembatasan interaksi persona, adaptasi dengan pola baru yang kemudian disebut sebagai New Normal.

Tahun 2020 dinilai sebagai puncak dampak pandemi Covid-19, Palopo sebagai kota berdimensi religi masih tetap tangguh, tetap produktif, bahkan tetap kompetitif. Hal Ini diindikasikan antara lain oleh Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) daerah.

Tahun 2020 pertumbuhan ekonomi dua kota lainnya di Sulsel yakni Kota Makassar (-1,27%) dan Kota Pare-Pare (-0,08%), sementara angka Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Palopo tetap mampu tumbuh positif (0,45%).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)