Bupati Wajo Dorong BLK Perbanyak Pelatihan Berbasis Kompetensi

Kamis, 30 Juni 2022 - 19:18 WIB
loading...
Bupati Wajo Dorong BLK Perbanyak Pelatihan Berbasis Kompetensi
Bupati Wajo, Amran Mahmud, membuka sekaligus menyemangati peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap II di Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Wajo, Kamis (30/06/2022). Foto: Sindonews/Reza Pahlevi
A A A
MAKASSAR - Bupati Wajo , Amran Mahmud, membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap II di Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Wajo, Kamis (30/06/2022).

Ia menyerukan agar generasi sekarang mesti menciptakan lapangan kerja, tidak puas hanya dengan mencari kerja. "Saya juga berharap kepada semua nantinya, agar jangan hanya puas dengan menjadi pekerja, tetapi harus menjadi enterpreneur. Misalnya, yang mengikuti pelatihan menjahit, nantinya harus berusaha dan bercita-cita menjadi pengusaha konveksi," kata Amran Mahmud .



Upaya mendorong penciptaan lapangan kerja sejalan dengan salah satu program kerja nyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, yakni menciptakan 10.000 entrepreneur. Amran Mahmud menuturkan bahwa perkembangan zaman yang makin cepat menuntut semua untuk bisa beradaptasi.

"Kita harus siapkan skill dan ilmu pengetahuan, salah satunya melalui pelatihan berbasis kompetensi ini. Selain itu, harus juga dibarengi dengan semangat untuk terus berprestasi dan berkembang. Tetapi, yang paling penting harus dimiliki adalah sikap atau attitude," ujarnya

Amran Mahmud juga mengapresiasi BLK Wajo yang terus memfasilitasi pelatihan kepada masyarakat melalui penganggaran dan program dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

Ia juga mengapresiasi Kepala BLK Wajo, Ahmad Adam, yang bisa menggandeng berbagai lembaga untuk bekerja sama dan bersinergi dalam menyiapkan tenaga kerja.

"Sekarang memang eranya kolaborasi, eranya sinergitas. Kita harus mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memberikan yang terbaik. Kalau mengharapkan anggaran yang terbatas, tentu kita akan sulit berkembang. Apalagi adanya refocusing untuk penanganan Covid-19 yang melanda secara global," ucapnya.

Pada kesempatan ini, Amran Mahmud juga menyampaikan bahwa saat ini pemerintah daerah tengah menjajaki kerja sama dengan perusahaan PT Sarimadu Jayanusa untuk penyediaan pekerja migran Indonesia (PMI) untuk Malaysia khusus untuk asisten rumah tangga dan perawat lansia sejumlah 1.000 orang.

"Semua akomodasi ditanggung oleh perusahaan dengan gaji per bulan masing-masing Rp6 juta lebih. Jika ada yang berminat bisa menghubungi Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Wajo. Saat ini kita sedang susun draf MoU (memorandum of understanding) untuk kerja samanya," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)