Kisah Inspiratif Aipda Wahyu Mulyawan, Bangun Taman Bacaan hingga Dijuluki Polisi Sayur

Kamis, 30 Juni 2022 - 03:42 WIB
loading...
A A A
Setidaknya, sebulan sekali Wahyu mengunjungi 3 anak yatim yang dirawatnya untuk memberikan kebutuhan makanan, seperti beras, telur, sayur dan sejumlah uang untuk sekolah. Dia juga rutin memberikan perlengkapan fardhu kifayah kepada warganya yang mengalami kemalangan, seperti kain kafan, wewangian, bahkan peti mati.

Setelah peristiwa Tsunami 2004, Aipda Wahyu pindah bertugas ke Medan, selama 1 tahun. Selama di Medan, hatinya gelisah, seperti pengabdiannya terhadap orang tua dan adik-adiknya yang belum tertunai dengan baik. Dirinya pun kembali ke Aceh, ke kampung halamannya. Dari sini lah, pengalaman spiritual Wahyu dimulai.

Selama di Aceh, dia bertemu Ustaz Syamsudin yang dianggap sebagai guru dan sosok teladannya. Pertemuan dengan ustaz Syamsudin inilah yang menyiasatinya untuk membantu fardhu kifayah warga kurang mampu.



"Kembali ke Aceh, mengirimkan doa ke keluarga saya, lalu bertemu dengan Al Ustaz. Beliaulah yang menganjurkan saya untuk memberikan bantuan fardhu kifayah ke orang yang membutuhkan sebanyak 6 buah, sebagai tanda balas jasa ke kedua orang tua dan 4 adik saya yang tidak sempat saya laksanakan fardhu kifayahnya," sambungnya.

Tidak terasa, air mata Wahyu membasahi pipi. Tampak, pergolakan batinnya sangat hebat. Namun, dia berusaha tegar. Semua aktivitas sosialnya dijalankan dengan sepenuh hati. Bahkan mengilhami warga lainnya.

Bersama istrinya Mira Risky dan ke-4 anaknya, Aipda Wahyu Mulyawan berharap sosok polisi di mata masyarakat akan tetap menjadi panutan. Hal ini sejalan dengan visi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, untuk mewujudkan polisi Presisi yang memiliki arti prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

Dengan tujuan memberikan pemelihara keamanan dan ketertiban, penegak hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan di tengah-tengah masyarakat.

(Yudha Bahar)
(san)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)