RSUD dr Soetomo Surabaya Overload Pasien Covid-19

loading...
RSUD dr Soetomo Surabaya Overload Pasien Covid-19
Direktur RSU dr Soetomo, dr. Joni Wahyuhadi. Foto/dok
A+ A-
SURABAYA - Kapasitas Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya untuk pasien Covid-19 penuh. Rumah sakit milik Pemprov Jatim ini membatasi pelayanan pasien Covid-19 baru.

Menurut Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Jatim dr Joki Wahyuhadi yang juga Direktur RSUD dr Soetomo, saat ini pihaknya tidak menerima pelayanan pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Alasannya, saat ini ada 239 pasien yang dirawat di sana. Semestinya, pasien yang bisa ditampung sebanyak 200 pasien.

Dia menambahkan, jumlah pasien Covid-19 di Jawa Timur terus meningkat, mencapai 10.000 pasien positif. Angka ini hampir menyamai kasus di Jakarta. Kota Surabaya menyumbang angka terbanyak, mencapai 4.000 lebih pasien positif. (Baca juga:Jenazah Tertukar Saat akan Dimakamkan Gegerkan Warga)

Kondisi ini, sambungnya, berpengaruh terhadap pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 di rumah sakit yang kapasitasnya terbanyak.

Menurut Joni, pada awal pandemi, RSUD dr Soetomo telah merawat 977 pasien dan saat ini tersisa 239 pasien yang masih dirawat dengan gejala berat, sedang dan ringan. (Baca juga:RS Bhayangkara Semarang Kini Dilengkapi Fasilitas Perawatan VVIP dan VIP)



Sementara ketersediaan bed hanya 200. Solusinya, pasien dengan gejala ringan akan mulai dipindahkan ke Rumah Sakit Lapangan di Jalan Indrapura. Pihaknya tengah berbedah yaitu merehab ruangan rumah sakit menjadi lebih baik agar bisa menampung pasien lagi.
(msd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top