Satpol PP Bulukumba Gencar Patroli Ternak Liar dalam Kota

Kamis, 23 Juni 2022 - 18:23 WIB
loading...
A A A
Saat ini katanya lagi, ternak hasil penertiban ditempatkan di halaman samping Kantor Satpol-PP. Meski sebenarnya sudah ada lokasi yang disiapkan, namun belum ada kandangnya. "Jadi sementara waktu ternak yang ditertibkan kita tempatkan di sini," kata Panai Mulli.



Ia menerangkan, menyangkut penertiban ternak terdapat pada Bab V Pasal 12 Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bulukumba Nomor 13 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penertiban Ternak.

Di Perda ini sambungnya, yang punya tugas penertiban ternak yaitu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Peternakan, Satpol-PP, Camat dan Lurah.

Olehnya dalam waktu dekat ini akan dibentuk Tim Penertiban Ternak Liar yang anggotanya terdiri dari OPD terkait, Satpol-PP, Camat dan Lurah.

Camat Ujung Bulu Andi Ashadi mengungkapkan bahwa pihaknya menindak lanjuti instruksi bupati pada hasil rapat kemarin.

Camat yang lebih akrab disapa Andi Gatot menyebut, penanganan ternak yang berkeliaran di kota merupakan tanggung jawab bersama.

"Satpol membentuk satgas dengan melibatkan seluruh unsur pemerintahan sampai ke tingkat Kepala Lingkungan yang ada di kecamatan, khususnya di kota," urainya.

Adapun langkah awal tambah Andi Gatot, yakni mendata masyarakat di wilayah masing-masing kelurahan yang mempunyai ternak .

"Setelah itu, memberi pemahaman secara persuasif bahwa ternak yang berkeliaran di kota akan ditangkap dan dikurung serta pemiliknya akan membayar denda," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3386 seconds (0.1#10.140)