Isak Tangis Warnai Pelepasan Jamaah Calon Haji Kloter 4 Embarkasi Makassar

Selasa, 21 Juni 2022 - 07:56 WIB
loading...
Isak Tangis Warnai Pelepasan Jamaah Calon Haji Kloter 4 Embarkasi Makassar
Pelepasan jamaah calon haji kloter 4 Embarkasi Makassar oleh Sekretaris PPIH, Ikbal Ismail, di Aula Mina Asrama Haji, Selasa (21/6/2022) dini hari. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Isak tangis jamaah calon haji (JCH) yang tergabung dalam kloter 4 Embarkasi Makassar pecah saat pelepasan oleh Sekretaris PPIH, Ikbal Ismail, di Aula Mina Asrama Haji, Selasa (21/6/2022) dini hari.

Dengan berpakaian ihram, beberapa jamaah mengeluarkan air mata, berdiri dan melantunkan Talbiyah yang dipimpin oleh panitia PPIH. Lantunan Talbiyah merdu menggema di seluruh ruangan membuat jamaah calon haji mengeluarkan tangisan kebahagiaan. Pasalnya, kerinduan mereka ke tanah suci setelah menanti dua tahun akhirnya terbayarkan.



Sebelum melepas kloter 4, Ikbal Ismail kembali mengingatkan kepada para jamaah untuk lebih fokus beribadah. "Gunakan betul kesempatan ini untuk fokus beribadah, perbaiki niat. Ibadah ini tergantung niat Bapak Ibu, jangan lagi ada niat untuk dipanggil pak haji atau ibu haji. Hilangkan niat itu semua, ingat, naik haji untuk mengikuti panggilan Allah," ujarnya.

Dia menjelaskan, jamaah haji yang telah berpakaian ihram, nantinya akan melaksanakan ibadah umrah terlebih dahulu.

"Bapak ibu saat ini sudah berpakaian umrah, itu berarti di atas pesawat nanti kita akan mulai berniat umrah. Kiranya para jamaah memperbaiki niat," jelasnya.

Tambahnya, jamaah calon haji merupakan Duta Besar Indonesia, Duta Besar Sulawesi Selatan, dan Duta Besar daerah masing-masing. Sehingga diminat menjaga sikap dan tingkah laku dalam menjalankan ibadah haji.

"Jaga nama baik Indonesia, jaga nama baik Embarkasi, dan jaga nama baik daerah kita masing-masing. Jaga kekompakan, jaga persatuan, miliki rasa solidaritas yang tinggi di antara kita. Sehingga kita bisa saling bantu membantu selama di tanah suci," lugasnya.

Dengan niat yang tulus untuk memulai karena Allah agar kita dipermudah untuk melaksanakan ibadah haji ini dan kembali dari tanah suci dengan memperoleh haji mabrur.

Baca Juga: Keberangkatan 393 Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Makassar

Usai shalat subuh, kloter 4 akan naik bus menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan selanjutnya terbang ke Arab Saudi dan mendarat pada siang hari pukul 14.05 waktu Arab Saudi di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah.

Koter empat ini, kata Iqbal, akan memberangkatkan sekitat 393 jamaah haji. Mereka terdiri dari 164 JCH dari Kabupaten Pinrang, 124 JCH dari Kabupaten Luwu, 80 JCH dari Kabupaten Barru, dan 21 asal Kota Makassar serta didampingi 4 petugas.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)