Kurangi Populasi Nyamuk, Asrama Haji Embarkasi Surabaya Difogging Tiap Pekan

Minggu, 19 Juni 2022 - 07:52 WIB
loading...
Kurangi Populasi Nyamuk, Asrama Haji Embarkasi Surabaya Difogging Tiap Pekan
Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Maram.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Selama masa operasional pemberangkatan jemaah ibadah haji , Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) tak pernah sepi orang. Tak hanya jemaah haji, para petugas pembantu Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang melayani jemaah haji pun turut menempati AHES.

Untuk memberikan kenyamanan jemaah dari gangguan nyamuk, PPIH Embarkasi Surabaya rutin melakukan fogging asrama haji. Terhitung sejak awal menjelang kedatangan jemaah haji hingga hari ini, Sabtu (18/6/2022), proses fogging di AHES telah dilaksanakan sebanyak 4 kali.

Baca juga: Penyakit Mematikan di Era Pangeran Diponegoro, Ratusan Ribu Warga Meninggal

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Husnul Maram menjelaskan, kegiatan fogging yang dilaksanakan oleh tim Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 dimulai sepekan menjelang kedatangan jemaah pada Jumat (27/5/2022) lalu.

"Setelah jemaah haji masuk asrama, tim fogging tetap rutin seminggu sekali melakukan fogging asrama, jadwalnya, biasa hari Sabtu atau Minggu," tutur Maram.

Kegiatan fogging tersebut, tandas Maram, dilakukan untuk mengurangi populasi nyamuk di AHES, mengingat masih banyaknya semak-semak dan sawah yang menjadi sarang nyamuk di sekitar lokasi AHES.

Fogging dilakukan pada pagi hari karena pada saat tersebut, nyamuk dalam keadaan resting setelah semalam beraktifitas. "Foggingnya biar efektif dilakukan di pagi hari, saat nyamuk resting istirahat, setelah semalaman mereka aktivitas," imbuhnya.

Karena masih terdapat jemaah di AHES, maka jelas Maram, fogging dilakukan di selokan yang ada, semak-semak sekitar AHES, serta beberapa ruang yang jauh dari jangkauan jemaah.

"Kami berharap, melalui fogging ini, jemaah haji bisa merasakan kenyamanan tanpa ada gangguan nyamuk, sehingga terjaga kesehatannya selama berada di AHES," ujarnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2310 seconds (0.1#10.140)