Iqbal Turun Langsung Temui Warga untuk Minta Salat Tarawih di Rumah

Minggu, 26 April 2020 - 08:55 WIB
loading...
Iqbal Turun Langsung Temui Warga untuk Minta Salat Tarawih di Rumah
Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb saat menemui warga Ujung Tanah untuk meminta agar salat Tarawih digelar di rumah saja. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, terus berusaha memberikan pemahaman kepada warga agar bisa mematuhi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Makassar.

Termasuk menemui warga untuk meminta, agar salat tarawih yang biasanya digelar di masjid-masjid bisa dilakukan di rumah masing-masing untuk menghindari kerumunan.

Itu dilakukan di Posko Covid-19 Kecamatan Ujung Tanah, Sabtu Malam, 25 (4/2020), Iqbal menemui para pengurus masjid di wilayah tersebut untuk memberikan penjelasan mengenai esensi pelarangan sementara untuk tidak melakukan aktivitas salat tarawih berjamaah di masjid dan dipindahkan di rumah masing-masing .

“Sebagai seorang muslim, tentu saja saya juga memiliki keinginan yang begitu besar untuk datang salat berjamaah di masjid, apalagi di bulan Ramadhan seperti ini," kata dia.

Namun Islam juga meminta lanjutnya, agar bisa mengutamakan keselamatan jiwa semua orang.

"Kita tentu tidak ingin situasi ini berlarut-larut, makanya kita harus lawan dengan menghentikan penyebarannya dengan cara tinggal di rumah saja dulu, beribadah di rumah, Insyaallah pahalanya tidak akan berkurang. Kurangi pergerakan di luar rumah, kurangi melakukan interaksi secara fisik, itulah sebenarnya esensi terdalam PSBB yang kita terapkan ini," lanjutnya.

Iqbal menjelaskan, jika warga masih saja berkumpul, berjamaah di masjid, maka semua pengorbanan yang dilakukan selama ini akan sia-sia.

"Virus akan semakin mudah menyebar ketika kita berkumpul. Insyaallah, jika pandemi ini telah berlalu di kota kita, maka kehidupan sehari-hari tentu akan normal kembali, termasuk beribadah secara berjamaah di masjid,” jelasnya.

Tudang Sipulung yang digelar tersebut merupakan langkah persuasif yang dilakukan Iqbal bersama dengan sejumlah pengurus Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Makassar.

Selain Iqbal pertemuan itu juga hadri Komandan Kodim 1408/BS Makassar Kol (Inf) Andriyanto, Camat Ujung Tanah Andi Unru, serta sejumlah lurah di wilayah tersebut.

Camat Ujung Tanah Andi Unru mengaku, terus bekerja menemui pengurus-pengurus masjid untuk meminta agar sementara waktu tidak melakukan aktivitas ibadah tarawih di masjid masing-masing dan meminta kepada warganya untuk beribadah di rumah saja selama virus Covid-19 masih mewabah di Kota Makassar.

“Memang masih ada beberapa yang melakukan salat tarawih di masjid, makanya ini yang kita datangi dan mengajaknya untuk mematuhi aturan PSBB. Alhamdulillah tadi sejumlah pengurus masjid sudah menyatakan komitmennya untuk mematuhi aturan ini dan untuk sementara tidak melaksanakan ibdah Tarawih di masjidnya masing-masing," katanya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)