Divonis 12 Tahun Penjara, Alex Noerdin Nyatakan Banding

Kamis, 16 Juni 2022 - 08:45 WIB
loading...
Divonis 12 Tahun Penjara, Alex Noerdin Nyatakan Banding
Terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama pada dua perkara sekaligus, mantan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin divonis 12 tahun penjara. Foto/iNews TV/Guntur
A A A
PALEMBANG - Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Palembang, menjatuhkan vonis 12 tahun penjara kepada mantan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Mejalis hakim menilai terdakwa terbukti sah melakukan tindak pidana korupsi pada dua perkara sekaligus.

Baca juga: Korupsi Pembangunan Masjid, Alex Noerdin: Yang Menandatangi NPHD Harus Bertanggung Jawab

Sidang kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD Perusahan Daerah Pertambangan dan Eenergi (PDPDE), dan dugaan korupsi pembangunan Masjid Raya Sriwijaya, digelar pada Rabu (15/6/2022) malam, dengan agenda pembacaan vonis.



Alex Noerdin menjalani sidang melalui virtual dari Rutan Kelas 1 Pakjo Palembang. Dalam bacaan vonis tersebut, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Palembang, Yoserizal selain menjatuhkan vonis 12 tahun penjara, juga menjatuhkan denda untuk Alex Noerdin sebesar Rp1 miliar, subsider enam bulan penjara.

Baca juga: Mencekam! Rentetan Tembakan dan Aksi Kejar-kejaran Warnai Penggerebekan Kampung Narkoba di Medan

Dalam amar putusannya, hakim menyatakan Alex Noerdin terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dengan ketiga terdakwa lainnya, yakni Muddai Madang, Caca Isa Saleh Sadikin, dan A. Yaniarsyah Hasan.

Vonis ini jauh lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejagung, dan Kejati Sumatera Selatan, yang menuntut Alex Noerdin dengan hukuman 20 tahun penjara. Selain itu terdakwa juga dituntut pidana tambahan, berupa uang pengganti untuk kasus PDPDE sebesar 3,2 juta dollar Amerika Serikat, dan membayar uang pengganti Rp4,8 miliar untuk kasus Masjid Raya Sriwijaya.

Divonis 12 Tahun Penjara, Alex Noerdin Nyatakan Banding


Namun dalam vonis majelis hakim Pengadilan Tipikor Palembang, Alex Noerdin dibebaskan dari membayar pidana tambahan, sebab selama proses persidangan hakim menilai tidak ada satupun bukti yang menunjukkan adanya aliran dana ke Alex Noerdin .
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2281 seconds (11.210#12.26)