Polda Papua Gelar Rapid Test Massal Bertajuk Drive Thru

Rabu, 24 Juni 2020 - 11:04 WIB
loading...
Polda Papua Gelar Rapid Test Massal Bertajuk Drive Thru
Masyarakat yang mengikuti rapid test drive true. Foto/SINDOnews/Edi Sis
A A A
JAYAPURA - Menyambut hari Bhyangkara ke-74, Polda Papua menggelar rapid test massal gratis kepada pengguna jalan raya di Kota Jayapura, Rabu (24/6/2020).

Kegiatan yang melibatkan PT. Jasa Raharja Putra ini dilakukan hanya sehari dengan tema kegiatan "Drive Thruu".

Kegiatan dilaksanakan di lapangan Papua Trade Center (PTC) Kelurahan Entrop Distrik Jayapura Selatan.

Seluruh pengguna jalan diarahkan petugas untuk masuk ke lapangan dengan alur yang telah ditentukan untuk melakukan rapid.

Teknisnya warga tidak perlu turun dari kendarannya, baik roda dua maupun empat. Cukup petugas yang telah siap lengkap dengan APD menghampiri dan melakukan pengambilan darah untuk rapid.

Kabid Dokes Polda Papua Kombes Pol drg. Agustinus Mulyono Hardi menyampaikan, target 980 test bisa dilakukan hari ini sesuai dengan alat rapid test yang diberikan Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

"Kita diberi bantuan Dinas Kesehatan Provinsi Papua sebanyak 980 alat Rapid. Jadi target kita segitu untuk aksi sehari ini. Harapan kami even ini bisa dimanfaatkan baik oleh seluruh warga kota Jayapura yang ingin mengetahui kondisi tubuhnya. Jagan takut, semakin cepat kita tahu kondisi tubuh kita, maka semakin baik untuk kita dan orang lain," ucapnya.

Diakuinya, dalam aksi Drive Thruu, juga disiapkan surat pengantar berdasar hasil tes bagi warga yang hendak bepergian. Tentunya hanya yang negatif. Untuk yang reaktif akan ditindaklanjuti ke pemeriksaan SWAB/PCR.

"Jadi disilahkan dimanfaatkan. Masyarakat yang ingin memanfaatkan event ini untuk mendapatkan persyaratan ke luar kota seperti ke Sarmi dan sebagainya bisa melakukan test rapid di sini, karena kita akan terbitkan juga suratnya jika diminta. Dan kami sampaikan ini geratis," ungkapnya.

Untuk hasilnya, kata drg. Agustinus, hanya menunggu beberapa saat, sehingga jika warga ingin menunggu hasil dipersilahkan, namun jika tidak maka diminta meninggalkan nomor ponsel.

"Ya menunggu sekitar 15 menit lah dan hasilnya sudah ada. Tapi kalau mau melanjutkan perjalanan bisa meninggalkan nomor dan akan kita hubungi jika hasilnya reaktif," ujarnya.

Kepala PT. Jasa Raharja cabang Papua Menganti Sitinjak mengaku jika pihaknya menyiapkan multivitamin bagi warga yang melakukan rapid test, termasuk tenda-tenda. (Baca juga: Makan Bakso Tak Bayar, Preman di Kendari Malah Palak dan Aniaya Pedagang)

"Jasa Raharja sebagai mitra kami sangat apresiasi kegiatan ini. Kami memberi bantuan sebanyak 600 vitamin dan tenda. Kita harapkan kegiatan ni akan dilakukan di tempat lain juga," tuturnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)