Kemensos Bergerak Cepat Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Sulbar

Jum'at, 10 Juni 2022 - 18:27 WIB
loading...
Kemensos Bergerak Cepat Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Sulbar
Penyaluran bantuan dari Kemensos di lokasi terdampak gempa bumi di Sulawesi Barat, Jumat (10/6/2022). Foto: Istimewa
A A A
MAMUJU - Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Wirajaya Makassar bergerak cepat menyalurkan bantuan ke lokasi terdampak gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar). Diketahui, Sulbar diguncang gempa 5,8 magnitudo pada 8 Juni 2022, sekitar pukul 12.32 Wita.

Kepala Sentra Wirajaya Makassar, Syaiful Samad menyampaikan bahwa, sesuai intruksi Menteri Sosial Tri Rismaharini, penanganan bencana alam harus segera direspons oleh UPT Kementerian Sosial yang berada di lokasi terdekat. Sehingga lebih efektif dan efisien dalam upaya penanggulangan bencana.

Baca juga:Kemensos Lunasi Tunggakan Perawatan Bayi Penderita Infeksi Otak Asal Bulukumba

"Menindaklanjuti instruksi tersebut kami dari pihak Sentra Wirajaya Makassar hingga dini hari telah menyiapkan logistik bantuan yang bersumber dari Sentra Wilayah Sulsel, Sentra Nipotowe Palu dan Gudang Regional Makassar untuk disalurkan ke lokasi bencana," kata Syaiful.

Syaiful mengungkapkan, bahwa logistik bantuan yang dikirim ke Sulbar, yakni terdiri dari 112 unit tenda keluarga dan 30 unit tenda keluarga serba guna. Bantuan tersebut berasal dari Sentra Wilayah Sulsel.Kemudian 25 unit tenda keluarga dan 12 unit tenda keluarga serbaguna dari Gudang Regional Makassar.

Sedangkan dari Sentra Nipotowe Palu sebagai pengampu lokasi mengirimkan bantuan 100 unit tenda keluarga, 20 unit tenda keluarga serbaguna, 1000 paket makanan siap saji, 800 paket makanan anak, 500 paket lauk pauk siap saji, 50 buah velbed, 100 lembar matras, 100 unit kasur, 500 lembar selimut merah, 200 paket sandang dewasa, 2 unit tiolet portable dan 1 unit genset general.

Baca juga:Kemensos Bantu Anak Yatim Piatu Penderita Tumor Abdomen di Sinjai

Irayanti selaku Kabid Linjamsos Dinas Sosial Mamuju menyampaikan apresiasinya kepada Kemensos karena sangat responsif menanggapi bencana yang terjadi di Mamuju Sulsel.

"Gempanya terjadi hari Rabu tapi teman-teman sudah intensif melakukan kordinasi sehingga bantuan logistiknya sudah sampai hari ini untuk di distribusikan ke lokasi pengungsian," ucap Irmayanti.

Tim Reaksi Cepat (TRC) Sentra Wirajaya beserta unsur Muspida, Camat, Satpol PP, Tagana dan Organisasi Pemuda, saat ini berkumpul di rumah jabatan Bupati Mamuju melakukan kordinasi mengenai teknis penyaluran bantuan.

Baca juga:Kemensos RI Salurkan Bantuan untuk Korban Tanah Longsor di Parepare

Sultan selaku TRC Sentra Wirajaya menyampaikan bahwa pendistribusian logistik akan mengutamakan lokasi yang terdampak sangat parah, yakni lingkungan Salunangka Kelurahan Rangas.

"Akses jalan menuju ke sana sangat sempit dan berada diatas ketinggian, bila hujan turun akses jalan menjadi berlumpur, sehingga penyaluran logistik akan disalurkan secara bertahap kedaerah tersebut," ucap Sultan.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1539 seconds (10.55#12.26)