Pos Indonesia Kebut Penyaluran Bansos Sembako dan PKH di Aceh

Senin, 16 Oktober 2023 - 16:55 WIB
loading...
Pos Indonesia Kebut Penyaluran Bansos Sembako dan PKH di Aceh
Kantorpos KCU Banda Aceh berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk memastikan bansos tersalurkan tepat waktu dan tepat jumlah. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDA ACEH - PT Pos Indonesia (Persero) kembali menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial ( Kemensos ). Penyaluran dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Aceh.

Executive General Manager Kantorpos KCU Banda Aceh Nur Zamaludin mengatakan, pihaknya menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk memastikan bansos tersalurkan tepat waktu dan tepat jumlah. Untuk wilayah Banda Aceh, Kantorpos juga menyalurkan bansos pangan berupa beras.

“Untuk memberikan pelayanan terbaik kami melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait, dalam hal ini untuk penyaluran bantuan tunai, kami berkoordinasi dengan Kemensos,” katanya dalam siaran pers, Senin (16/10/2023).

Untuk bantuan pangan, Kantorpos ada tambahan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pangan Aceh dan Dinas Pangan Kota/Kabupaten. Selain itu untuk mempersiapkan komoditinya kami berkoordinasi dengan Perum Bulog Banda Aceh. ”Kami meninjau langsung untuk memastikan beras ini super bagus,” ujarnya.

Koordinasi yang dilakukan sejak awal sebelum penyaluran bansos dimulai ini bertujuan agar proses distribusi bansos berjalan lancar tanpa kendala. Terlebih bantuan tersebut sangat dinantikan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Koordinasi sangat menentukan kelancaran di titik penyaluran bantuan. Begitu juga bantuan tunai. Kami berkoordinasi dengan Dinas Sosial kapan jadwal penyaluran untuk penerima.

”Selain ada surat pemberitahuan yang sebelumnya kita berikan kepada para penerima dan jadwal yang sudah kami terima. Sehingga kami bisa memberikan pelayanan yang lebih mudah, lebih dekat, dan lebih lancar,” lanjutnya.

Pada penyaluran bansos kali ini, KCU Banda Aceh mendapat kuota penyaluran bansos PKH sebanyak 21.000 KPM, dan bantuan pangan untuk 41.000 KPM. “Total ada 521.000 KPM dari penggabungan KPM bansos Sembako dan PKH serta KPM Bantuan pangan beras,” tandasnya.

Menyalurkan kepada ratusan ribu penerima, Kantorpos menyiapkan sejumlah strategi penyaluran. Pertama, petugas memberikan surat pemberitahuan kepada para KPM. Kemudian, KPM akan datang ke lokasi penyaluran yang telah ditetapkan.

Para KPM datang dengan membawa KTP. Kemudian, diverifikasi oleh petugas mencocokkan antara indentitas dan danom. Setelah dipastikan cocok, petugas akan menyalurkan bantuan. ”Lalu, untuk update penerima, petugas akan mengambil foto penerima sambil memegang uang tunai dan identitas diri sehingga tepat waktu, tepat jumlah, tepat tempat,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)