Selangkah Lagi, Geopark Maros-Pangkep Menuju Warisan Dunia UNESCO

Jum'at, 10 Juni 2022 - 23:36 WIB
loading...
A A A
"Hal ini menunjukkan bahwa kekayaan masa lampau itu kiblatnya ada di kawasan Maros Pangkep. Bukan di Eropa. Lukisan cadas di Eropa usianya jauh lebih mudah dari yang kita punya," beber Dedy.

Dari sisi biodiversity, kawasan geopark dikelilingi dengan flora dan fauna endemik. Sebut saja burung rangkong dan kupu-kupu.

Kedua hewan ini pun diambil sebagai ikon atau maskot Geopark Maros Pangkep yang diberi nama Roro dam Pupu. Roro mewakili hewan endemik burung rangkong, dan pupu mewakili hewan endemik kupu-kupu.

Di samping itu semua, kehadiran dua pabrik semen besar, yakni Semen Bosowa di Maros dan Semen Tonasa di Pangkep menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Pasalnya, pabrik semen rentan mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Namun, Pemprov Sulsel memastikan bahwa kedua perusahaan sudah menyatakan komitmen bersama bahwa mereka tidak akan merusak, mengganggu, ataupun melakukan ekspansi ke wilayah yang menjadi kawasan geopark.



Bahkan, pihak perusahaan juga disebut sudah melakukan upaya konservasi terhadap lingkungan di taman Kehati dan Geosite Bulu Sipong.

"Jika Geopark Maros Pangkep berhasil tercatat sebagai warisan dunia UNESCO , maka kita semua punya tanggung jawab bersama untuk menjaga dan melestarikannya," tandas Dedi.
(tri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)