Cerita Irwan, Korban KM Ladang Pertiwi yang Bantu Selamatkan Penumpang Menggunakan Jeriken dan Gabus

Minggu, 29 Mei 2022 - 10:57 WIB
loading...
Cerita Irwan, Korban KM Ladang Pertiwi yang Bantu Selamatkan Penumpang Menggunakan Jeriken dan Gabus
Irwan bersama beberapa penumpang lain yang berhasil selamat dari insiden tenggelamnya KM Ladang Pertiwi di selat Makassar, Irwan bersama 10 penumpang lainnya berhasil selamat setelah menggunakan jeriken dan kabus. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Irwan (32) tahun, satu dari 17 orang penumpang kapal motor Ladang Pertiwi 2 yang selamat dalam insiden kapal tenggelam yang hilang kontak sejak Jumat (26/5/2022) lalu.

KM Ladang Pertiwi yang diketahui memuat sekitar43 orang penumpang, saat kapal tersebut mulai berangkat dari pelabuhan Paotere Makassar menuju Desa Pammas, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Rabu (24/5/2022).

Irwan menceritakan, saat kapal bertolak dari Pelabuhan Paotere Makassar menuju Masalemba, namun tepat pukul 11.00 Wita siang, kapal tersebut dihantam ombak setinggi 2-3 setengah meter. Irwan mengaku berangkat pada hari Rabu 25 Mei setelah salat Ashar. Dirinya juga mengatakan, setelah dihantam ombak setinggi 3 meter tersebut, mesin tiba-tiba mati.



Dengan inisiatif membantu ABK dengan harapan mesin kapal kembali menyala. Namun meskipun sudah berusaha, mesin kapal tidak kunjung menyala hingga ombak terus menghantam kapal tersebut.

"Saya berusaha membantu ABK untuk memperbaiki mesin, agar mesin cepat kembali bunyi lalu cepat berangkat, tapi sayangnya tidak bisa bunyi meskipun sudah berupaya memperbaikinya, justru ombak yang menghantam sampai kapal oleng,"kata Irwan.



Saat kapal mulai tenggelam, semua penumpang lari keluar, termasuk dirinya. Saat di luar lambung kapal, ia membantu penumpang lainnya untuk mengambil gabus, karena ada yang berteriak meminta gabus.

Sementara ibu dan adik saya, kata Irwan, saya suruh loncat dari atas kapal, sembari memberikan jeriken kepada keduanya. Sembari ia menolong penumpang lainnya untuk diberikan gabus sebagai pelampung.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4560 seconds (0.1#10.140)