Bupati Lutra Dorong Produk Lokal Unggulan Masuk E-Katalog

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:03 WIB
loading...
Bupati Lutra Dorong Produk Lokal Unggulan Masuk E-Katalog
Bupati Lutra Indah Putri Indriani mendorong agar produk-produk lokal unggulan daerah segera masuk e-Katalog. Foto/Dok Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Sebagaimana target pemerintah pusat, dimana akhir tahun 2022 produk-produk lokal unggulan harus segera masuk ke e-katalog di atas 1 juta produk, maka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, tidak mau ketinggalan untuk mengambil bagian di dalamnya.

Bupati Indah menuturkan, program ini merupakan peluang besar peningkatan ekonomi bagi masyarakat Lutra, khususnya bagi mereka yang memiliki produk-produk kerajinan serta UMKM. Olehnya itu, ia mendorong produk lokal unggulan daerah bisa masuk ke e-Katalog.



"Sama kita ketahui, bahwa khusus di Kabupaten Luwu Utara, masyarakat penggiat kerajinan serta UMKM begitu banyak. Cuma kadang yang menjadi kendala bagi mereka adalah proses pemasarannya, tentu hadirnya program e-Katalog ini dapat menjadi solusi pemasaran produk nantinya," kata bupati perempuan pertama di Sulsel ini, usai mengikuti pengarahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo alias Jokowi, pada kegiatan evaluasi Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia yang di gelar secara virtual, Selasa (24/5/2022).

Bupati Indah menambahkan, dengan kemudahan dalam membangun e-Katalog lokal saat ini, segera diupayakan untuk merealisasikan peluncuran laman tersebut. Pasalnya, pemerintah pusat melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) telah memberikan kemudahan syarat dalam pembangunan e-Katalog lokal.

Untuk itu, Bupati Indah meminta kepada instansi terkait agar ini segera memastikan produk lokal unggulan daerah dapat masuk e-Katalog. "Lengkapi data produk-produk lokal, produk-produk unggulan yang masyarakat kita miliki lalu segera masuk ke e-Katalog," ucapnya.

Secara rinci, Bupati Indah berharap setelah pemerintah daerah menyiapkan wadah berupa e-Katalog, masyarakat penggiat produk-produk kerajinan serta UMKM agar benar-benar meningkatkan kualitas dari apa yang akan dipasarkan.



"Harapan kita produk-produk yang nantinya akan masuk dalam e-Katalog benar-benar di perhatikan kualitasnya, sebab sama kita ketahui bahwa ini nantinya bukan hanya menjadi konsumsi masyarakat Luwu Utara melainkan seluruh Indonesia," pesannya.

"Bila potensi ini benar-benar mampu kita laksanakan dan dapat dioptimalkan maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang meningkat," tutup Bupati Indah.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2719 seconds (0.1#10.140)