Kamis Pahing 26 Mei, Adik Presiden Jokowi, Idayati Menikah dengan Ketua MK Anwar Usman

Selasa, 24 Mei 2022 - 12:53 WIB
loading...
Kamis Pahing 26 Mei, Adik Presiden Jokowi, Idayati Menikah dengan Ketua MK Anwar Usman
Pernikahan adik kandung Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman yang rencananya dilaksanakan pada Kamis Pahing (26/5/2022) di Solo, Jawa Tengah. Foto/Antara/Dok.Keluarga
A A A
SOLO - Dalam tradisi budaya masyarakat Jawa, segala perilaku dalam kehidupan akan selalu dipetung (dihitung) melalui pertimbangkan yang sangat masak. Tak terkecuali saat akan melangsungkan hajatan pernikahan.

Perhitungan itu dilakukan dengan harapan, masyarakat Jawa akan memperoleh hasil yang maksimal dalam setiap perilaku kehidupan.



Penggunaan petung tidak hanya di lakukan oleh masyarakat Jawa, akan tetapi suku suku dan masyarakat adat di belahan dunia juga memiliki cara sendiri sendiri di dalam melakukan penghitungan.

Seperti halnya rencana pernikahan adik kandung Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman yang rencananya dilaksanakan pada Kamis Pahing (26/5/2022) di Solo, Jawa Tengah.

Di Jawa, ilmu penghitungan tersebut di kenal dengan nama pawukon atau ilmu astrologi Jawa yang mengacu pada 30 wuku.

"Di setiap wuku terdapat perwatakan para dewa yang memayunginya," kata budayawan sekaligus pembina Lesbumi (Lembaga Seni dan Budaya Muslimin) Kota Solo, Toto Purbangkara, Selasa (24/5/2022).



Pawukon juga mengacu pada perputaran alam semesta, sehingga dalam menentukan penghitungan waktu akan selaras dengan kondisi alam semesta. Oleh sebab itu, pawukon juga dapat di sebut ilmu perbintangan Jawa.

Pasca masuknya walisongo di tanah Jawa, Sunan Kalijaga mulai menyesuaikan pawukon dengan kondisi keyakinan masyarakat yang mulai memeluk Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2307 seconds (0.1#10.140)