RSS Tempat Karantina Pemudik di Salatiga Siap Difungsikan

Sabtu, 25 April 2020 - 13:26 WIB
loading...
RSS Tempat Karantina Pemudik di Salatiga Siap Difungsikan
uasana Rumah Singgah Sehat di komplek Gedung LP3S, Jalan Sukarno Hatta, Salatiga yang akan digunakan untuk tempat karantina pemudik. Foto: Dok Prokompim Setda Kota Salatig
A A A
SALATIGA - Pemkot Salatiga telah menyiapkan Rumah Singgah Sehat (RSS) untuk tempat karantina orang dalam pemantauan (ODP), orang tanpa gejala (OTG) dan pemudik dari zona merah COVID-19. RSS yang didirikan kompleks Wisma Widya Graha LP3S Sinode, Jalan Soekarno - Hatta, Cebongan, Argomulyo akan difungsikan mulai 27 April 2020.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga M Marhadi menjelaskan, RSS difungsikan untuk karantina pemudik dari zona merah serta warga yang berstatus OTG dan ODP. Mereka dikarantina di RSS setelah mempertimbangkan kondisi rumah tinggal dengan standar minimal sembilan meterpersegi sehingga tidak memungkinkan dilakukan isolasi mandiri.

"Jadi warga yang akan dikarantina di RSS tidak semuanya pemudik. Warga yang sudah diidentifikasi oleh petugas Puskesmas yang dinyatakan OTG dan ODP juga akan dikarantina di RSS. Ini untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," katanya, Sabtu (25/4/2020).

Menurut Mahardi, pada tahap awal ini, ruang atau kamar karantina yang siap difungsikan sebanyak 36 unit. Kamar karantina terpisah dengan ruang kerja dan sekretariat LP3S, serta agak jauh dari pemukiman penduduk.

"RSS ini sudah kami sosialisasikan kepada warga sekitar. Kami berharap, masyarakat tidak perlu kawatir karena pendirian kamar dan penanganan warga yang dikarantina sesuai dengan protokol kesehatan," tandasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)