Canangkan BIAN 2022, Pemprov Sulsel Gaungkan Pentingnya Imunisasi

Rabu, 18 Mei 2022 - 18:36 WIB
loading...
Canangkan BIAN 2022, Pemprov Sulsel Gaungkan Pentingnya Imunisasi
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) melaunching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. Foto/SINDOnews/Syamsi Nur Fadhila
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ( Pemprov Sulsel ) melaunching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap pada anak.

BIAN dilaksanakan secara terintegrasi meliputi dua kegiatan. Masing-masing yakni pemberian imunisasi tambahan Campak Rubella untuk anak usia 9 bulan sampai 12 tahun dan imunisasi kejar berupa pemberian imunisasi OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib untuk bagi anak usia 12 bulan sampai 59 bulan yang belum lengkap status imunisasinya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Kini Fokus Vaksinasi Lansia dan Anak 6-11 Tahun

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan pada tahun 2021 lalu, capaian Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) Sulsel mencapai 99,9 persen. Sehingga dapat mengantarkan Sulsel menjadi peringkat pertama secara nasional.

Namun, imunisasi lanjutan pada usia 18 bulan belum mencapai target. Imunisasi lanjutan itu meliputi imunisasi DPT-HB-Hib untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B dan radang selaput otak (meningitis) dan radang paru-paru (pneumonia) oleh bakteri Hemovilus Influensa Type B, Campak dan Rubella.

"Imunisasi lanjutan ini kedepannya kita perlu sosialisasikan lebih intensif dan massifkan pelayanannya kepada masyarakat sehingga juga bisa mencapai target," ucap Gubernur Sudirman.

Pelayananan imunisasi pada kegiatan BIAN ini akan dilayani di 470 puskesmas dan 21.163 pos imunisasi yang tersebar di 24 kabupaten/kota se-Sulsel.

Adapun sasaran BIAN Sulsel yaitu Imunisasi Tambahan Campak Rubela sebanyak 1.902.355, Imunisasi Kejar OPV sebanyak 165.261, Imunisasi Kejar IPV 273.691, dan Imunisasi Kejar DPT-HB-Hib 330.241.

"Saya berharap kita semua berperan aktif mensukseskan pelaksanaan BIAN di Sulawesi Selatan dengan menyebarluaskan informasi BIAN pada setiap kesempatan, menggerakkan masyarakat dan orang tua agar anaknya diimunisasi, serta menjadi teladan di mana semua anak dan keluarga diimunisasi lengkap," tukasnya.

Kepala Kantor Perwakilan UNICEF Wilayah Sulawesi dan Maluku, Henky Widjaja, berujar imunisasi bagi anak sangat perlu untuk dilakukan. Pasalnya, hal itu menjadi salah satu hak dasar bagi anak untuk kesehatan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2312 seconds (10.55#12.26)