Baru 14,6 Persen, Pemkot Parepare Terus Pacu Realisasi Vaksinasi Booster

Selasa, 17 Mei 2022 - 14:31 WIB
loading...
Baru 14,6 Persen, Pemkot Parepare Terus Pacu Realisasi Vaksinasi Booster
Vaksinasi Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus menunjukkan eksistensinya dalam mendukung program vaksinasi booster yang digaungkan pemerintah pusat. Sejauh ini, realisasi vaksinasi dosis ketiga di Parepare terbilang masih rendah, sehingga terus dipacu oleh pemerintah daerah.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengatakan vaksinasi booster secara nasional saat ini mencapai 20,51 persen. Sedangkan di Parepare di bawah angka nasional yakni 14,68 persen. Olehnya itu, pihaknya menginstruksikan agar Dinas Kesehatan (Dinkes) Parepare terus menggencarkan, dan memastikan vaksinasi booster berjalan.



"Kami juga menginstruksikan Satgas Covid-19 dan Dinkes berkolaborasi dengan lintas sektoral untuk mempecepat cakupan vaksinasi booster di Parepare," kata dia, Selasa (17/5/2022).

Sekretaris Dinkes Parepare, Muh Idris, mengemukakan upaya vaksinasi booster saat ini masih terus dilakukan melalui sentra-sentra vaksinasi yang dibuka setiap jam dan hari kerja di semua Puskesmas. Selain itu, juga dengan melakukan kerja sama sejumlah pihak, seperti Polres Parepare, yang juga membuka pelayanan setiap saat.

"Progresnya memang tidak secepat pada vaksinasi dosis satu dan dua, yang antara lain disebabkan oleh jarak pemberian vaksin, yang mensyaratkan enam bulan setelah vaksinasi dosis dua," papar Idris.

Untuk percepatan, kata Idris, pihaknya memanfaatkan musim mudik yang mensyaratkan vaksinasi dosis tiga, dan melalui kesempatan tersebut, digencarkan sosialisasi dan upaya edukasi melalui tim Promosi Kesehatan Dinkes Parepare, atas dukungan dari Dinas Kominfo Parepare.



Adapun, data terakhir capaian vaksinasi dosis tiga ini.sebesar 14,68% atau 16.876 dari 114.922 sasaran. "Kita berharap masyarakat dapat memenuhi jadwal pemberian vaksin booster setelah mendapatkan vaksinasi dosis satu dan dua," terangnya.

Sebelumnya, pemerintah pusat kembali melaporkan jumlah masyarakat yang telah divaksinasi dosis ketiga atau booster mencapai 42.718.592 dosis atau 20,51 persen dari total target sasaran vaksinasi.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2660 seconds (0.1#10.140)