Ada Satu RS di Tabanan Bali Jadi Kluster Penyebaran COVID-19

Minggu, 21 Juni 2020 - 21:45 WIB
loading...
Ada Satu RS di Tabanan Bali Jadi Kluster Penyebaran COVID-19
Sebuah rumah sakit di Kabupaten Tabanan, Bali, ditetapkan menjadi kluster penyebaran COVID-19. (Foto/Ilustrasi)
A A A
TABANAN - Sebuah rumah sakit di Kabupaten Tabanan, Bali, ditetapkan menjadi kluster penyebaran COVID-19 . Sedikitnya ada 10 orang yang terinfeksi, terdiri dokter, perawat, pasien dan keluarga pasien.

"Benar. Di sebuah rumah sakit swasta," kata Juru Bicara Satgas Covid- 19 Tabanan I Putu Dian Setiawan, Minggu (21/6/2020).

Dia menjelaskan, dari 10 orang yang dinyatakan positif terinfeksi, lima di antaranya merupakan dokter dan perawat. Lima orang lagi adalah pasien dan keluarganya yang sempat menjenguk. (BACA JUGA: Data Pasien Covid-19 Bocor, Bukti Lemahnya Perlindungan Data Pribadi)

Kluster ini diduga berawal dari adanya seorang pasien yang dirawat kemudian menularkan ke dokter. Dokter yang merawat kemudian menularkan ke perawat dan pasien lainnya. Ada juga keluarga pasien yang sempat menjenguk ikut terinfeksi.

Setiawan mengatakan dari hasil tracing contact ditemukan 170 orang. "Rencananya mereka akan menjalani tes swab," ujarnya.

Sedangkan kesepuluh orang yang telah terkonfirmasi posiitif kini dirawat di RS Universitas Udayana di Denpasar dan rumah sakit di Tabanan.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)