Angka MBR di Kota Surabaya 976 Ribu, Akhir Tahun Ditarget 300.000

Kamis, 28 April 2022 - 13:28 WIB
loading...
Angka MBR di Kota Surabaya 976 Ribu, Akhir Tahun Ditarget 300.000
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur Dadang Hardiwan berdiskusi dengan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi tentang data MBR. SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Sampai saat ini, masyarakat berpenghasilan rendah ( MBR ) di Kota Surabaya masih tinggi, yaitu 976 ribu. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus menekan dan menargetkan menjadi 300 ribu MBR pada akhir 2022.

Untuk mewujudkan target tersebut, Pemkot Surabaya melakukan sinergi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur (Jatim) terkait pemetaan kantong atau peta sebaran rumah tangga MBR di Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menuturkan, berdasarkan pemaparan data MBR Kota Surabaya, yang terdiri atas data individu dan data rumah tangga (ruta) diketahui masih terdapat ketidaklengkapan. Maka, untuk menyelesaikan tersebut, setelah cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijiriah, Pemkot akan mempercepat proses pembaharuan data.



“Kami akan menentukan rencana waktu updating data MBR dengan target selesai pada bulan Juli 2022 mendatang. Hal ini untuk mempermudah kami mengetahui posisi atau keadaan MBR. Untuk itu, kami akan memberikan pelatihan kepada petugas updating data sebelum turun ke lapangan,” kata Eri, Rabu (27/4/2022).

Pemkot Surabaya akan berkoordinasi dengan BPS Jatim untuk melakukan penyusunan materi pendataan, perencanaan IT, pemilihan petugas pendataan, pelatihan pendataan, pelatihan instruktur pelatihan, pelatihan petugas pendataan, pelaksanaan pendataan, cleaning data hasil kompilasi, pengembangan dan penyusunan model PMT (Proxy-Means Test) dan ground check, skoring ruta dan proses ranking ruta, serta data final.

“Insya Allah setelah selesai, selain bisa memberikan intervensi kepada MBR, kami juga bisa mengetahui adakah keluarga yang mengalami stunting atau gizi buruk. Sehingga, anggaran tahun 2023 bisa tepat sasaran,” ungkapnya.

Terkait pelatihan updating data statistik yang dilakukan, Pemkot Surabaya akan didampingi langsung oleh BPS Jatim. Ke depan, ia berharap bahwa nama penerima bantuan kategori MBR bisa diakses oleh publik.

“Data ini tidak akan ditutup-tutupi. Sebab, Kita punya target, dari total MBR 976 ribu menjadi 300 ribu. Updating data dan pengentasan MBR akan berjalan bersamaan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur Dadang Hardiwan menjelaskan, mengenai Pemaparan Pemetaan Kantong atau Peta Sebaran Rumah Tangga MBR di Kota Surabaya telah dilakukan beberapa tahapan kegiatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)