Jasa Konsultasi Penyusunan DED Dilelang, Anggarannya Rp25 Miliar

Sabtu, 20 Juni 2020 - 08:05 WIB
loading...
Jasa Konsultasi Penyusunan DED Dilelang, Anggarannya Rp25 Miliar
Rehabilitasi Stadion Andi Mattalatta Mattoanging kini memasuki tahap penyusunan detail engineering design (DED). Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Rehabilitasi Stadion Andi Mattalatta Mattoanging kini memasuki tahap penyusunan detail engineering design (DED). Untuk jasa konsultasi penyusunan DED ini akan dilelang dengan alokasi anggaran Rp25,1 miliar. Baca : Pembongkaran Bangunan Stadion Mattoanging Tunggu Proses Taksasi

Menurut Sekretaris Tim Rehabilitasi Stadion Mattoanging, Muhlis Mallajareng, DED ini salah satu tahapan perencanaan sebelum masuk pengerjaan konstruksi. Penyusunan DED ini kedepan, akan jadi acuan untuk membangun fisik stadion.

"Kalau lelang penyusunan DED itu menjadi tugasnya Pokja di ULP (unit layanan pengadaan). Kalau kita kan sudah menyiapkan administrasinya segala macam agar ini bisa cepat," tutur Muhlis kepada SINDOnews.

Dia menambahkan, rehabilitasi Stadion Mattoanging melalui beberapa tahapan sebelum diintervensi ke pengerjaan fisik. Prosesnya berjalan simultan. Selain penyusunan DED, sebelumnya juga berjalan penyusunan dokumen amdal/DELH, termasuk amdalalin, serta manajemen konstruksi.

Selain itu, rencananya juga akan dilakukan perhitungan nilai aset seluruh bangunan di kawasan stadion. Langkah ini dilakukan sebelum seluruh gedung di kawasan itu dibongkar total, berdasarkan rekomendasi tim audit forensik Unhas sebelumnya. Baca Juga : Aman Tak Dipangkas, Anggaran Rehab Mattoanging Tetap Rp200 M

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulsel ini mengatakan, bangunan yang ada sekarang, ketahanan betonnya tidak mampu lagi menopang untuk pembangunan baru. Makanya perlu dibongkar, dan nanti akan dibangun baru.

"Rencana minggu depan dinas perumahan yang akan turun melakukan pengukuran disana menghitung taksasi nilai bangunannya. Nanti pembongkaran gedung disana juga akan dilelang," sebut Muhlis.

Terpisah, Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis menuturkan, penyusunan DED ini akan menjadi acuan bagian bangunan apa saja yang akan dikerjakan. Yang kemudian disesuaikan dengan alokasi anggaran tahun ini.

"Intinya kita akan kerjakan stadion sesuai anggaran yang tersedia untuk tahun ini. Makanya disiapkan ini DED. Nanti di DED itu bisa diketahui bagian mana dulu yang bisa dikerjakan sesuai anggaran," beber Arwin.

Diketahui, Pemprov Sulsel menganggarkan sekitar Rp200 miliar untuk rehab stadion tahun ini. Alokasi anggarannya dilakukan secara bertahap hingga tahun kedepan. Selain itu pembangunan Stadion Mattoanging akan didorong mendapat bantuan dari APBN.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7573 seconds (0.1#10.140)