Ganjar Imbau Masyarakat Tak Takbir Keliling dan Lepas Balon ke Udara

Rabu, 27 April 2022 - 16:20 WIB
loading...
Ganjar Imbau Masyarakat Tak Takbir Keliling dan Lepas Balon ke Udara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Rapat Forkopimda Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022) pagi. Dia mengimbau warga tidak melakukan kegiatan takbir keliling di malam takbiran. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau warga tidak melakukan kegiatan takbir keliling di malam takbiran. Lebih baik takbiran digelar di masjid atau musala.

"Ada masukan bagus dari Kemenag dan MUI. Yang akan merayakan pergantian malam Ramadhan ke Lebaran, saya minta tidak ada takbir keliling. Semua takbirannya di musala, masjid, dan rumah masing-masing," kata Ganjar usai mendapat masukan dari Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah dalam Rapat Forkopimda Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022) pagi.

Sebagai langkah pengamanan dan menjaga ketertiban, sejumlah personel kepolisian dibantu TNI hingga Linmas sudah disiapkan di malam takbiran. Tak hanya itu, Ganjar juga menyarankan Syawalan di Kota Pekalongan tanpa kegiatan melepas balon udara.

Ganjar menyebut, tradisi Syawalan yang melepaskan balon udara bisa membahayakan. Namun Ganjar tetap memperbolehkan kalau balon udaranya diikatkan pada suatu tempat dan tidak dilepaskan begitu saja.

Ganjar mengatakan, lebih baik tradisi itu diaplikasikan ke dalam suatu perlombaan secara resmi. Sehingga pelaksanaannya akan lebih terjamin aman. "Maka itu jangan dilakukan karena membahayakan. Silakan dibuat saja lomba dan festival, tapi diikat sehingga ketinggiannya akan teratur," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)