Pelajar Jabar Kumpulkan Infaq Ramadhan hingga Tembus Rp4,4 Miliar

Selasa, 26 April 2022 - 14:13 WIB
loading...
Pelajar Jabar Kumpulkan Infaq Ramadhan hingga Tembus Rp4,4 Miliar
Pelajar di Jabar berhasil kumpulkan infaq Rp4,4 Miliar. Foto: Agung/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Para pelajar SMA/SMK dan SLB Negeri di Jawa Barat, mengisi bukan suci Ramadhan dengan cara berbagi lewat infaq. Tak tanggung-tanggung, mereka berhasil mengumpulkan infaq hingga lebih dari Rp4,4 miliar.

Pengumpulan dana infaq tersebut dilakukan melalui program Infaq Masal Aktualisasi Masagi (IMAN) yang digagas Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar dalam upaya meningkatkan ibadah, serta mewujudkan kepedulian sosial di lingkungan pendidikan selama Ramadhan tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Supandi menjelaskan, pelaksanaan program IMAN ini dikomandoi oleh satuan pendidikan di mana cabang dinas pendidikan bertugas sebagai koordinator, sekaligus penanggung jawab di wilayahnya masing-masing.



"Panitia provinsi kemudian menerima dan merekap laporan capaian per hari dan jumlah keseluruhan capaian program IMAN dari cabang dinas. Terhitung sejak 5 hingga 22 April, siswa siswi se-Jawa Barat telah mengumpulkan Rp4,4 miliar, detailnya Rp4.495.035.400," terang Dedi, Selasa (26/4/2022).

Dedi menyebutkan, sebanyak 848 SMA/SMK/SLB se-Jabar turut serta dalam program ini, di mana setiap siswa di sekolah tersebut memasukan uang ke dalam kotak infaq yang dibuat oleh mereka sendiri.

"Dan setiap harinya, dapat berapa dari kotak infaq itu dilaporkan ke satuan pendidikan," terangnya.

Dari jumlah Rp4,4 miliar tersebut, lanjut Dedi, hampir 48 persennya disalurkan untuk masyarakat tidak mampu di sekitar lingkungan sekolahnya. Selain itu, ada pula yang disalurkan untuk pembangunan masjid sebanyak 19 persen.



"Masjid ini ada yang di dalam sekolah dan ada juga yang berada di lingkungan luar sekolahnya," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)