Baznas KBB Targetkan Penerimaan Zakat Ramadhan Tahun Ini Sebesar Rp500 Juta

Rabu, 20 April 2022 - 10:47 WIB
loading...
Baznas KBB Targetkan Penerimaan Zakat Ramadhan Tahun Ini Sebesar Rp500 Juta
Baznas KBB menetapkan besaran zakat fitrah Ramadan tahun ini Rp30 ribu dan berharap target yang sudah ditetapkan bisa tercapai. Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menargetkan penerimaan zakat di tahun ini bisa mencapai Rp500 juta. Target itu merupakan angka yang realistis walaupun potensi zakat di KBB jika semua diserahkan ke Baznas, bisa saja mencapai angka miliaran rupiah.

"Ini tahun pertama kepengurusan kami, jadi targetnya tidak muluk-muluk dulu. Bisa mengelola dan menerima zakat sekitar Rp500 juta adalah target rasional," kata Ketua Baznas KBB, Iing Nurdin, Rabu (20/4/2022).



Menurutnya, capaian tersebut bisa difokuskan dalam meng-cover delapan asnaf atau golongan yang disyaratkan bisa mendapatkannya. Untuk itu koordinasi dengan petugas di tingkat kecamatan, desa, DKM, hingga RW dan RT sudah dilakukan.

Terkait besaran zakat fitrah tahun ini, pihaknya telah menetapkan angka sebesar Rp30 ribu. Baznas KBB juga sudah memberikan surat edaran secara resmi terkait besaran zakat fitrah tersebut. Selain uang, zakat fitrah juga bisa diganti dengan beras 2,5 kg.

"Di KBB ada sekitar 1,5 juta wajib pajak, saya rasa masyarakat sudah paham bahwa mereka memiliki kewajiban tersebut," kata dia.

Selain pengelolaan zakat, pihaknya ingin melakukan program usaha produktif dalam pemberantasan kemiskinan. Seperti melalui program Z Mart dan Z Chicken. Program itu sudah berjalan di pusat dan provinsi, sehingga bisa diadopsi di KBB.

"Tidak ada salahnya dicoba dan disesuaikan dengan kondisi di wilayah KBB. Barangkali nanti akan ada inovasi beragam produk Z lainnya yang bisa dibuat sesuai dengan kultur masyarakat KBB," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7055 seconds (0.1#10.140)