Survei MC Matrix: Dedi Mulyadi dan Susi Pudjiastuti Penantang Potensial untuk Ridwan Kamil

Kamis, 14 April 2022 - 07:31 WIB
loading...
Survei MC Matrix: Dedi Mulyadi dan Susi Pudjiastuti Penantang Potensial untuk Ridwan Kamil
Hasil survei Pilgub Jabar, yang dilakukan MC Matrix. Foto/Dok. MC Matrix
A A A
JAKARTA - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil masih menjadi tokoh terpopuler untuk maju dalam Pilgub Jabar. Yang mengejutkan, nama Dedi Mulyadi, dan Susi Pudjiastuti menjadi penantang potensial bagi Ridwal Kamil dalam konstestasi Pilgub Jabar mendatang.

Baca juga: Survei IPO: Ketua PDIP Jawa Barat Ono Surono Puncaki Elektabilitas Pilgub Jabar

Menguatnya nama Dedi Mulyadi, dan Susi Pudjiastuti untuk berlaga di Pilgub Jabar, muncul dari hasil survei yang dilakukan MC Matrix. Selain nama keduanya juga muncul nama-nama kandidat lain, seperti Bima Arya, Dede Yusuf, Dessy Ratnasari, UU Ruzhanul Ulum, dan Airin Rachmi Diany.



Peneliti MC Matrix, Wildan Hakim menyebut, kemunculan nama Dedi Mulyadi dan Susi Pudjiastuti tentunya perlu menjadi perhatian serius. "Untuk kedua nama tersebut (Dedi dan Susi) patut diperhatikan betul oleh RK (Ridwan Kamil) dan tim suksesnya," terangnya.

Baca juga: Mahasiswa Ganteng Mirip Artis Diringkus Polisi saat Jualan Ganja

Dijelaskan Wildan, ada dua alasan bagi Ridwan Kamil mengapa harus memperhatikan fluktuasi elektabilitas kedua nama tersebut. Pertama, posisi Dedi Mulyadi, adalah kader Partai Golkar. Setidaknya, ia sudah mengantongi separuh tiket dukungan dari Partai Golkar.

Kedua, angka elektabilitas terbilang lumayan untuk disebut sebagai calon penantang. Sedangkan untuk Susi, angka elektabilitas yang dia peroleh itu dapat terbilang tinggi. "Jadi diibaratkan, Susi dapat angkat tersebut saat dia tidur. Alias tidak running untuk untuk kontestasi elektoral Jabar," tegasnya.

"Bayangkan, jika Susi serius dan bangun untuk menggarap jalur elektoral. Angkanya bisa saja makin tinggi. Susi bisa disebut Kuda Hitam. Beda dengan Dedi Mulyadi. Yang sudah dapat dibaca oleh publik ada kepentingan elektoral. Entah menjaga peluang untuk urusan Pilgub Jawa Barat atau menjaga suara di dapil dia berasal," imbuhnya.

Dalam survei Pilgub Jabar yang dilakukan MC Matrix, angka elektabilitas atau tingkat keterpilhan, Ridwan Kamil mencapai 42.05 persen. Dedi Mulyadi 12.73 persen. Susi Pudjiastuti 4.55 persen. Bima Arya Sugiarto 2.05 persen. Dede Yusuf 1.14 persen. Dessy Ratnasari 0.91 persen.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1108 seconds (10.55#12.26)