Ini kronologis tahanan teroris kabur

Rabu, 24 April 2013 - 15:52 WIB
Ini kronologis tahanan teroris kabur
Ini kronologis tahanan teroris kabur
A A A
Sindonews.com - Kaburnya Basri tahanan teroris di Lapas Kelas II B Ampana, Kabupaten Tojounauna membuat Kepolisian kembali waspada. Ternyata, kaburnya Basri tak lepas dari kecerobohan sipir penjara.

Kapolres Poso, AKBP Susnadi menceritakan, kaburnya Basri diduga akibat kecerobohan pihak Lapas Kelas II B yang memberikan izin terpidana terorisme dengan masa hukuman 19 tahun penjara itu keluar dengan pengawalan yang minim.

Basri dihukum 19 tahun penjara setelah terbukti bersalah atas serangkaian kasus kekerasan dan terorisme di poso 2006-2007. Beberapa kasus yang melibatkan pria berusia 37 tahun itu diantaranya ledakan bom senter di Kawua pada 9 September 2006, penembakan dua siswi di Poso pada 8 November 2005, serta penembakan pendeta Susianti Tinulele pada 18 Juli 2004 di Palu, Sulteng.

Basri mendapat izin dari lapas untuk menengok keluarganya di Poso, namun saat hendak kembali pada Jumat 19 April 2013, dia malah melarikan diri.

Pihak kepolisian di Poso kini telah meningkatkan razia di jalur jalur trans Sulawesi. Selain itu pencarian juga mulai dilakukan untuk melacak keberadaan Basri.

Polisi sendiri belum sepenuhnya dapat memastikan apakah yang bersangkutan setelah melarikan diri itu masih berada di wilayah Kabupaten Poso atau telah menyeberang ke wilayah lain kabupaten
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2452 seconds (0.1#10.140)