Hadapi Ramadhan dan Lebaran, BI Jabar Siapkan Uang Tunai Rp24 Triliun

Senin, 11 April 2022 - 19:10 WIB
loading...
Hadapi Ramadhan dan Lebaran, BI Jabar Siapkan Uang Tunai Rp24 Triliun
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat menyiapkan uang tunai lebih dari Rp24 triliun menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2022.Foto/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat menyiapkan uang tunai lebih dari Rp24 triliun menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2022. Ketersediaan uang tunai tersebut untuk menjamin kebutuhan masyarakat yang diprediksi meningkat dibanding tahun lalu.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto mengatakan, permintaan uang selama bulan Ramadhan relatif mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data Bank Indonesia Jawa Barat 2018 hingga 2021, permintaan uang selama periode Ramadhan di wilayah Jawa Barat rata-rata meningkat sebesar 10,91%.

Baca juga: Demo Diguyur Hujan Deras, Sebagian Mahasiswa di Bandung Balik Kanan

Dengan mempertimbangkan peningkatan kebutuhan tersebut, BI memperkirakan kebutuhan uang tunai di Jawa Barat pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Idulfitri 2022 mencapai Rp19,26 triliun. Angka itu meningkat 10,42% dari kebutuhan tahun lalu sebesar Rp17,44 triliun.

"Namun, sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, kami menyediakan uang tunai sebesar Rp24,09 triliun. Angka ini mengalami kenaikan 5,64% dari tahun sebelumnya. Sehingga secara keseluruhan ketersediaan uang tunai di wilayah Jawa Barat mencukupi kebutuhan bahkan mampu memenuhi 125% dari proyeksi kebutuhan masyarakat, " jelas Herawanto, Senin (12/4/2022).

Menurut dia, naiknya kesiapan uang itu sebagai langkah Bank Indonesia melihat momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut. Juga untuk mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali.

Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadhan dan Idul Fitri diperkirakan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran tunai dan non tunai.

Baca juga: Kesucian Ramadhan dan Detik-detik Pangeran Diponegoro Ditangkap Belanda saat Lebaran

Untuk memastikan distribusi uang tunai berjalan lancar selama periode HBKN Ramadhan dan Idulfitri 2022, Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat telah mengagendakan kegiatan Kas Keliling wholesale dan retail dengan menggunakan Aplikasi BI Pintar (pintar.bi.go.id) di 17 Kabupaten/Kota.

Kegiatan layanan tersebut dilaksanakan berkoordinasi dengan kantor Bank Indonesia Cirebon untuk wilayah Kota Cirebon, Kab. Cirebon dan jalur Pantura Kab. Indramayu, serta dengan kantor Bank Indonesia Tasikmalaya untuk wilayah Kab. Pangandaran, Kota Banjar, Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya dan Kab. Ciamis. Untuk mengakomodir kebutuhan uang kecil selama periode mudik dan balik lebaran, Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat juga sedang mempersiapkan layanan penukaran di beberapa rest area
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)