Bupati Lamandau Kedatangan Maulana Assayid Assyarif Syeikh Prof. Dr. Muhammad Fadhil Al-Jilani Al-Hasani Asal Turki

Senin, 04 April 2022 - 08:17 WIB
loading...
Bupati Lamandau Kedatangan Maulana Assayid Assyarif Syeikh Prof. Dr. Muhammad Fadhil Al-Jilani Al-Hasani Asal Turki
Maulana Assayid Assyarif Syeikh Prof. Dr. Muhammad Fadhil Al-Jilani Al-Hasani saat mengunjungi Kabupaten Lamandau pekan lalu.
A A A
NANGA BULIK - Bupati Lamandau Kalteng Hendra Lesmana telah menggelar Multaqo (pertemuan) para ulama yang dihadiri oleh Maulana Assayid Assyarif Syeikh Prof. Dr. Muhammad Fadhil Al-Jilani Al-Hasani keturunan ke-25 dari Sulthonul Auliya’ Al Qutb Rabbani Syekh ‘Abdul Qadir Al Jilani, di Rumah Jabatan (Rujab) bupati pekan lalu.

Bupati Hendra Lesmana mengatakan,Kabupaten Lamandau kedatangan sosok ulama kharismatik asal Turki tersebut. “Di dalam perjalanan beliau (Syekh Muhammad Fadhil al-Jilani al- Hasani) keliling dunia mengumpulkan manuskrip sang kakek, sesuatu yang menarik yang beliau dapat saat mengunjungi perpustakaan Vatikan, Italia,” katanya.

Melaluiteman yang mendampinginya, ia mengatakan pada penjaga perpustakaan bahwa dirinya sedang mencari dan meneliti kitab-kitab karya kakeknya yakni Al-Jailani.

Dengan penuh hormat, sang penjaga mempersilakan masuk. Di dalam perpustakaan ia temukan dalam katalog dan beberapa buku berbahasa Italia sebuah tulisan “Filusuf Islam”, dan dalam beberapa buku berbahasa arab “Syaikhul Islam wal Muslimin”. "Semoga kita menjadi golongan orang-orang yang beriman,” katanya lagi.

Dalam kunjungan ulama asal Turki penulis buku Nahrul Qadiriyah (Biografi Syekh Abdul Qadir al-Jailani al-Hasani al-Husaini ra., tersebut juga melaksanakan Multaqo (pertemuan) bersama, pejabat daerah, tokoh agama, dan masyarakat umum di Kabupaten Lamandau. “Terima kasih atas undangan dan sambutan yang sangat baik dari Bupati dan masyarakat Lamandau. Saya harap silaturahmi ini akan terus berlanjut,” ucap Maulana Syekh Assyarif Prof. dr. Muhammad Fadhil Al Jilani Al Hasani Hafizahullah yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh penerjemah.

Dalam kesempatannya, Maulana Syekh Assyarif Prof. dr. Muhammad Fadhil Al Jilani Al Hasani Hafizahullah menyampaikan ceramah di hadapan Bupati, Wakil Bupati serta sejumlah pejabat serta umat muslim yang hadir. Ceramah yang disampaikan diantaranya mengenai kiprah perjuangan Sulthanul Auliya’ atau pemimpin para wali, Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5225 seconds (0.1#10.140)