Eksekusi Gedung Perisau Plaza Medan, Satpol PP Terlibat Baku Hantam

Sabtu, 02 April 2022 - 16:08 WIB
loading...
Eksekusi Gedung Perisau Plaza Medan, Satpol PP Terlibat Baku Hantam
Ilustrasi Eksekusi lahan. Foto: Istimewa/SINDOnews
A A A
MEDAN - Baku hatam mewarnai eksekusi bangunan eks Perisau Plaza, di Jalan Penggadaian, Kota Medan. Pemilik bangunan dari PT United Rope melakukan perlawanan terhadap petugas yang melakukan eksekusi.

Juru bicara PT Rope Maelais Simanjuntak mengatakan, pihaknya telah membeli lahan dan aset bangunan Perisau Plaza melalui lelang yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan, pada 3 April 2012.

"Pemkot Medan tidak memiliki hak atas kepemilikan aset dan gedung ini," katanya, di lokasi, Sabtu (2/4/2022).

Baca juga: Dinilai Cacat Hukum Eksekusi Lahan Perumahaan GCC Ditolak Pemilik Lahan

Meski mendapat perlawanan, petugas Satpol PP gabungan tetap melakukan pembongkaran dengan cara merusak papan nama gedung dan mengganti gembok pagar gedung, serta memasang garis polisi di lokasi.

Menurut pihak Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Medan, sesuai dengan konsesi atau kerja sama dengan PT sebelumnya, gak guna bangunan memang digunakan ke bank yang telah dilikiduasi.

"Sehingga, tidak tepat pelelangan yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan. Ini dasar kami melakukan kembali eksekusi lahan dan bangunan ini," sambung Zulkarnaen dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Kota Medan.

Baca: Ada Putusan MA, Kejari Pelalawan: Eksekusi Lahan Tetap Harus Dilaksanakan

Sementara itu, anggota DPRD Sumut Wagirin Arman mengatakan, eksekusi ini mempertontonkan kebijakan pemerintah yang justru mempermalukan diri sendiri. Dia meminta Pemkot Medan menyikapi persoalan itu dengan bijak.

"Karena sesuai dengan seluruh alat bukti yang ada, PT United Rope adalah pemilik sah bangunan itu," tukasnya.
(hsk)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1538 seconds (10.55#12.26)