Ritual Makan Garam dan Kembang Melati, Puluhan Ibu-ibu Kena Tipu 3 Dukun Palsu

Rabu, 30 Maret 2022 - 01:29 WIB
loading...
Ritual Makan Garam dan Kembang Melati, Puluhan Ibu-ibu Kena Tipu 3 Dukun Palsu
Dukun palsu dibekuk. Foto: Era/SINDOnews
A A A
BANYUASIN - Puluhan wanita di Banyuasin, menjadi koban penipuan tiga dukun. Dalam aksinya, para dukun mengaku bisa membuat mereka segera hamil dengan menjalankan ritual makan garam dan kembang melati.

Kanit Reskrim Polsek Talang Kelapa Iptu Panji Nugroho mengatakan, ketiga pelaku yang diamankan terdiri dari Sarwati alias Teteh (50), Mariah Abdul Malik, dan Dwi Indra Nur Welly.

Ketiganya bekerja sama membuka praktik pengobatan alternatif di Perumahan Permata Residence, Desa Pangkalan Benteng, Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin, dan sudah berjalan sekitar 3 tahun.

"Modus penipuan mereka, yakni bisa membuat pasien hamil dalam waktu singkat," katanya, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Dukun Palsu Gegerkan Kulonprogo, Dibekuk Usai Gagal Tarik Uang Pesugihan

Adapun pelaku Teteh bertindak sebagai orang yang melakukan terapi kepada para korban dengan cara diurut. Lalu, pelaku Mariah meminta korban melakukan ritual memakan 3 butir garam dan 7 buah bunga melati.

Lalu, setelah mengikuti beberapa kali terapi, para korban nantinya akan dinyatakan hamil. Untuk lebih menyakinkan, Mariah akan melakukan tes kehamilan. Tapi tes itu dilakukan tidak langsung di hadapan para korbannya.

"Tesnya itu menggunakan alat test pack. Tapi ternyata alatnya itu dicelupkan pada urine milik orang yang memang hamil. Nah hasilnya nanti baru diperlihatkan kepada para korban," jelasnya.

Setelah dinyatakan hamil, para korban lalu diminta uang praktik dengan besaran Rp500 ribu sampai Rp3 juta. Selain itu, para korban pun tetap diminta agar rutin melakukan kontrol kehamilan di tempat pelaku Dwi yang memang sudah bekerja sama dengan kedua pelaku lainnya.

Baca: Aksi Tipu-tipu Dukun Palsu, Tawarkan Benda Pusaka Ternyata Batu Asahan
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1529 seconds (10.177#12.26)