Regenerasi Petani, Kementan Resmikan Koperasi Petani di Banyuasin

Jum'at, 31 Mei 2024 - 20:38 WIB
loading...
Regenerasi Petani, Kementan...
Kementan meresmikan Koperasi Petani Tuah Selebar Daun di BPP Muara Telang, Banyuasin, Sumatera Selatan. Foto/Ist
A A A
BANYUASIN - Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan pendampingan regenerasi petani membangun ekosistem baru di sektor pertanian. Di antaranya pembentukan koperasi petani agar sektor pertanian diminati generasi milenial.

Hal itu diwujudkan oleh Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan dengan membentuk koperasi petani di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.



Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi berharap pembentukan koperasi akan mewujudkan pemberdayaan para pemuda tani untuk memanfaatkan sumber daya alam pertanian di pedesaan secara optimal.

Peresmian koperasi petani yang diberi nama Tuah Selebar Daun ini dilaksanakn di BPP Muara Telang, Banyuasin.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdiktan) Idha Widi Arsanti di sela peresmian menyataan bahwa Koperasi Tuah Selebar Daun telah mengantongi izin operasional dari Kemenkum HAM.

Ida menyampaikan pembentukan koperasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan potensi pertanian yang ada di Kecamatan Muara Telang.



"Kecamatan Muara Telang merupakan salah satu sentral Pertanian yang ada di Banyuasin dengan luas lahan sawah pasang surut 22.511 hektare dan semuanya sudah rutin tanam sebanyak dua kali dalam setahun atau IP200 bahkan saat ini sudah ada beberapa petani yang berusaha membiasakan tiga kali tanam dalam satu tahun atau IP300," tutur Idha.

Dia menyebut, dengan potensi yang ada ditambah pembentukan koperasi Tuah Selebar Daun maka diharapkan dapat meningkatkan perekonomian petani di sekitar Kecamatan Muara Telang.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6984 seconds (0.1#10.140)