Kado Spesial HJW ke-623, Pemprov Beri Bantuan Keuangan Rp7 M ke Pemkab Wajo

Selasa, 29 Maret 2022 - 15:39 WIB
loading...
Kado Spesial HJW ke-623, Pemprov Beri Bantuan Keuangan Rp7 M ke Pemkab Wajo
Bupati Wajo Amran Mahmud dan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman tampak berbincang di sela peringatan HJW ke-623. Foto: SINDOnews/M Reza Pahlevi
A A A
WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo mendapatkan kado spesial berupa bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel senilai Rp7 miliar.

Bantuan keuangan itu diserahkan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, kepada Bupati Wajo, Amran Mahmud, pada puncak peringatan Hari Jadi Wajo (HJW) ke-623 yang digelar melalui rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wajo di ruang pola Kantor Bupati Wajo, Selasa (29/3/2022).



Gubernur Sudirman menyebut pihaknya pada tahun 2022 telah mengucurkan cukup banyak bantuan anggaran dalam bentuk program melalui beberapa perangkat daerah. Sumbernya berasal dari APBD dengan nilai mencapai Rp60 miliar.

"Melalui Hari Jadi Wajo ke-623 ini juga kita berikan kado berupa bantuan keuangan Rp7 miliar," ucapnya.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulsel atas bantuan untuk Wajo berupa bantuan transfer keuangan melalui APBD Sulsel.

Bupati Amran mengakui selama dua tahun terakhir ini, Wajo dilanda berbagai tantangan dan hambatan. Mulai dari pandemi Covid-19 hingga kondisi keuangan daerah yang kurang mendukung progres pembangunan daerah.

"Akan tetapi, dengan jiwa dan semangat nilai-nilai budaya Wajo yang masih mengalir di urat nadi orang-orang Wajo, kita mampu bangkit bergerak menuju kemajuan dan kesejahteraan," ucapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Wajo dalam bahasa daerah menekankan bahwa kebersamaan sebagai nilai budaya "Yassiwajori" dan "Rebba Sipatokkong, Mali’ Siparappe’, Sirui’ Menre’ Tessirui’ No’, Malilu Sipakainge Mainge’pi Mupaja" merupakan sebagian dari landasan kearifan lokal yang telah ditanamkan oleh pendiri Wajo 623 tahun yang lalu.



Sekadar diketahui, selain dari Pemprov Sulsel, Wajo juga menerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) penanganan korban bencana alam senilai Rp450 juta dan bantuan PBI JKN APBN Rp1,2 miliar, bantuan kepada korban sebanyak Rp15 juta, bantuan CSR PT Bank Sulselbar berupa pengadaan gerobak jualan dan prasarana tahap II serta bangku untuk kawasan RTH Taman Calaccu Rp345 juta.

Lalu, Bantuan Bank Mandiri berupa pengelolaan sampah Rp200 juta. Dari Pemprov Sulsel juga ada bantuan benih padi sebanyak 150 ton untuk 248 kelompok tani seluas 6.000 hektare, bantuan benih jagung hibrida 2.250 kilogram untuk tujuh kelompok tani seluas 150 hektare, dan bantuan traktor roda empat untuk Kelompok Tani Mappadaelo II.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)