Buruh Bangunan Nekat Berseragam Polisi, Demi Keamanan saat Keluar Kota

Jum'at, 11 Maret 2022 - 08:04 WIB
loading...
Buruh Bangunan Nekat Berseragam Polisi, Demi Keamanan saat Keluar Kota
Bambang Irawan (32), seorang perwira polisi gadungan berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) warga Desa Kasang Pudak, Muaro Jambi, Provinsi Jambi diamankan di Mapolsek Bayung Lencir. Foto: SINDOnews/Dede Febiansyah
A A A
MUBA - Bambang Irawan (32), seorang perwira polisi gadungan berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) warga Desa Kasang Pudak, Kabupaten Muaro Jambi , Provinsi Jambi diamankan di Mapolsek Bayung Lencir.

Kapolres Muba AKBP Alamsyah Pelupessy melalui Kapolsek Bayung Lencir, Iptu Deby Apriyanto mengatakan, penangkapan terhadap polisi gadungan itu dilakukan usai pihaknya mendapat aduan dari masyarakat.

"Saat itu pelaku kita amankan saat dia berada di depan Alfamart di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Palembang-Jambi. Polisi gadungan ini sedang istirahat dan hendak menuju kembali Jambi bersama seseorang teman perempuan," ujar Deby, Kamis (10/3/2022).



Dijelaskan Deby, bahwa olisi gadungan tersebut ditangkap anggota Bhambinkambtibmas Polsek Bayung Lencir setelah ditanyakan sejumlah identitas anggota Polri. Namun, dirinya tidak bisa menunjukkan identitas dan hanya menunjukkan tanda pengenal bahwa dari Direktorat Intelkam Polda Jambi.

"Kita menanyakan identitasnya sebagai anggota polisi, namun pada saat ditanya dia tidak bisa menunjukkan kartu anggota polisi, tapi kita temukan id card Dit Intelkam Polda Jambi. Pemakaian sejumlah atribut pada pakaiannya juga salah letak, seperti Monogram terbalik, dan sepatu PDL yang tidak sesuai," ungkapnya.

Ketika disinggung soal atribut tersebut didapatkan dari mana, Deby menyebutkan, bahwa atribut tersebut dibelinya dari grup jual beli Facebook dengan harga Rp1,8 juta.

"Atribut dibeli seharga Rp1,8 juta seperti pangkat dan borgol serta identitas Intelkam. Sedangkan baju dan celana ia membuatnya dari toko pakaian di Jambi," tambahnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, polisi gadungan tersebut mengaku jika dirinya baru 3 bulan memakai pakaian polisi dan tidak digunakan sembarangan. Setelah dilakukan koordinasi, tidak ada laporan terkait penipuan yang mengatasnamakan pelaku.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)