Politisi Perindo Ingatkan Pemda Nduga Papua Tak Abaikan Nasib Pengungsi

Senin, 07 Maret 2022 - 09:47 WIB
loading...
Politisi Perindo Ingatkan Pemda Nduga Papua Tak Abaikan Nasib Pengungsi
Politisi Partai Perindo Gubuganus Kogoya.Foto/Omega
A A A
NDUGA - Politisi Partai Perindo yang juga Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Nduga, Gubuganus Kogoya meminta Pemda Nduga untuk fokus memperhatikan nasib warganya yang hingga saat ini masih mengungsi akibat konflik di daerah tersebut.

Gubuganus pun mengatakan, saat ini ada sekitar 600 keluarga warga Nduga menyebar dimana-mana, seperti di Wamena, Lanny Jaya dan sekitarnya lantaran konflik di daerah mereka.

Baca juga: 4 Heli Diberangkatkan Evakuasi 8 Jenazah Pekerja PT PTT yang Dibantai KKB

“Akibat mengungsi, kemarin maka terjadilah perang suku antara Lanny Jaya dan Nduga di Desember 2021 lalu, karena dugaan pembunuhan. Saya pikir ini dampak akibat pengungsian karena mereka tidak memiliki rumah yang tetap,” ucap Gubuganus, Senin (7/3/2022).

Dia menjelaskan, dana otsus yang bergulir saat ini setidaknya bisa digunakan untuk memulangkan warga Nduga yang sedang mengungsi agar mereka bisa merasakan hadirnya pemerintah.

“Mereka keluar dari Nduga karena merasa masih trauma dengan kejadian selama ini. Jadi, kami berharap Pemkab Nduga untuk fokus dengan masalah pengungsi, setelah itu (pengungsi) baru melakukan program-program penting lainnya,” pintanya.

Ketua Fraksi Perindo DPRD Kabupaten Nduga ini menjelaskan, penduduk Nduga yang mengungsi tersebut berasal dari delapan distrik atau yaitu Mapenduma, Kagayam, Mugi, Mom, Yall, Jirkuri, Yigi, dan Mbua.



“Ini adalah tugas dan tanggung jawab pemerintah setempat untuk memperhatikan nasib warganya. Saya pikir ini adalah program yang paling penting saat ini, bagaimana masyarakat bisa tinggal di satu rumah yang aman dan nyaman.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2472 seconds (0.1#10.140)