Anggaran Belum Cair, Pilkades Sinjai Terancam Molor Lagi

Sabtu, 05 Maret 2022 - 16:03 WIB
loading...
Anggaran Belum Cair, Pilkades Sinjai Terancam Molor Lagi
Pelaksanaan Pilkades Serentak di Sinjai terancam molor lagi gegara anggaran. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
SINJAI - Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Sinjai pada 17 Maret 2022 mendatang terancam molor lagi. Penyebabnya, anggaran untuk pesta demokrasi tingkat desa itu dikabarkan belum kunjung cair. Padahal, berbagai tahapan telah dilakukan, termasuk pengundian nomor urut para calon kepala desa.

Kabar belum cairnya anggaran Pilkades Serentak di Sinjai disampaikan oleh salah seorang Plt Kepala Desa berinisial HS. Ia menyampaikan sampai saat ini, anggaran untuk pesta demokrasi di tingkat desa belum digelontorkan. Padahal, berbagai tahapan sudah dilaksanakan dan bila mengacu pada jadwal, maka agenda Pilkades Serentak sudah sangat dekat.



Ia mengaku pihaknya belum mendapatkan kabar terkait kapan pencairan anggaran Pilkades Serentak di Sinjai . Apalagi, sejumlah desa diketahui masih dalam proses perbaikan untuk APBDesa.

"Semua tahapan sudah berjalan, bahkan pencabutan nomor urut sudah dilakukan. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah anggaran yang akan digunakan tidak bisa dipastikan kapan bisa dicairkan. Biasanya kan akhir bulan tiga atau empat baru bisa dicairkan anggarannya. Ya kasihan panitia sampai kini belum ada yang terima honor, padahal sudah bekerja ekstra," ungkap dia, Sabtu (5/3/2022).

HS menilai pemerintah daerah keliru dalam menetapkan jadwal Pilkades Serentak di Sinjai . Semestinya harus memperhitungkan kapan anggaran dicairkan, artinya perencanaan dilakukan dengan baik. Tidak sekadar memburu pelaksanaan kegiatan atau sekadar menggugurkan kewajiban.

"Saya rasa dinas terkait keliru dalam memastikan jadwal. Kalau anggaran belum bisa dicairkan, bisa saja Pilkades Serentak ini akan kembali ditunda," sebutnya.



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai , Andi Hariyani Rasyid, belum merespons upaya konfirmasi yang dilakukan SINDOnews ihwal Pilkades Serentak di Sinjai yang terancam molor lagi.

Sekadar diketahui, Pilkades Serentak di Sinjai yang diagendakan berlangsung pada 2021 pun molor gegara anggaran yang minim.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2705 seconds (0.1#10.140)