Usai Bantai 8 Pekerja PT PTT, KKB Tembaki Pos Kopasgat di Bandara Aminggaru Ilaga Papua

Kamis, 03 Maret 2022 - 19:15 WIB
loading...
Usai Bantai 8 Pekerja PT PTT, KKB Tembaki Pos Kopasgat di Bandara Aminggaru Ilaga Papua
Usai membantai delapan pekerja PT PTT di Puncak Jaya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang Pos Kopasgat di Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (3/3/2022). Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
PUNCAK - Usai membantai delapan pekerja PT PTT di Puncak Jaya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang Pos Korps Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) di Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (3/3/2022).

Kapendam XVII/ Cenderawasih Kol Inf Aqsha Erlangga menjelaskan, penyerangan oleh KKB terhadap Pos Kopasgat terjadi sekitar pukul 12.20 WIT.

Baca juga: Usai Bantai 8 Pekerja PT PTT di Kabupaten Puncak Jaya, KKB Tembak 1 Prajurit Raider

"Ada penembakan terhadap anggota Kopasgat yang sedang jaga di Pos Jaga Runway 25 Satgas Lanud Kopasgat Paskhas Yonko 469/Pancawara di Ujung Bandara Aminggaru Ilaga," katanya.

Dia mengungkapan, saat serangan ada tembakan ke arah Pos Jaga sebanyak 4 kali. "Sementara laporan dari Kopasgat Lanud saat ini masih Siaga 1. Tidak ada laporan korban jiwa," ujarnya.

Sebelumnya, pada pukul 12.45 WIT terjadi kontak tembak antara personel Pos Satgas Koramil YR 408/Sbh Dangbet dengan KKB. Seorang anggota TNI bernama Pratu Herianto terserempet bagian leher bawah telinga kiri. Kondisi prajurit Raider yang tertembak hingga saat ini sadar.

"Hari ini juga telah terjadi lagi penyerangan dan penembakan oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) terhadap Prajurit TNI terhadap personel TNI yang berada di Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. Jaraknya antara Dambet dengan dari insiden penembakan karwayan PTT di Kampung Koga sekitar 15 Km," kata Kapendam.

Baca juga: BREAKING NEWS! KKB Serang Pekerja Tower PT PTT di Kabupaten Puncak Jaya, 8 Orang Tewas

Menurut Kapendam, sekitar pukul 12.45 pada hari Rabu 3 Maret 2022, Personel Satgas Kodim Yonif R 408/SBH diserang dan ditembak oleh KST.

"Bermula 12 Personel Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH sedang melaksanakan Patroli sekaligus memperbaiki saluran air dengan jarak dari Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH sekitar 50 meter. Saat memperbaiki saluran air itulah tiba-tiba KST menyerang dan menembaki anggota TNI yang sedang berpatroli. Dari laporan Satgas ada sekitar 15 orang KST, dan ada yang membawa senjata laras panjang sebanyak 3 pucuk," tambahnya.

Kemudian Prajurit TNI Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH berhasil mengusir dan menghalau KST mundur menuju ke arah Kampung Ogamki, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1219 seconds (10.101#12.26)