Usai Bantai 8 Pekerja PT PTT di Kabupaten Puncak, KKB Tembak 1 Prajurit Raider

Kamis, 03 Maret 2022 - 17:39 WIB
loading...
Usai Bantai 8 Pekerja PT PTT di Kabupaten Puncak, KKB Tembak 1 Prajurit Raider
Usai membantai delapan pekerja PT Palapa Timur Telematika (PTT) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, KKB pada Rabu siang (3/3/2022) juga menembak seorang anggota Satgas Kodim Yonif R 408/SBH. Foto Ilustrasi KKB/SINDOnews
A A A
ILAGA - Usai membantai delapan pekerja PT Palapa Timur Telematika (PTT) yang tengah mengerjakan tower PTT di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Rabu siang (3/3/2022) juga menyerang Satgas Kodim Yonif R 408/SBH. Akibat penyerangan tersebut satu prajurit Raider terluka.



"Hari ini juga telah terjadi lagi penyerangan dan penembakan oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) terhadap Prajurit TNI terhadap personel TNI yang berada di Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. Jaraknya antara Dambet dengan dari insiden penembakan karwayan PTT di Kampung Koga sekitar 15 Km," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kol Inf Aqsha Erlangga.

Menurut Kapendam, sekitar pukul 12.45 pada hari Rabu 3 Maret 2022, Personel Satgas Kodim Yonif R 408/SBH diserang dan ditembak oleh KST.

"Bermula 12 Personel Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH sedang melaksanakan Patroli sekaligus memperbaiki saluran air dengan jarak dari Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH sekitar 50 meter. Saat memperbaiki saluran air itulah tiba-tiba KST menyerang dan menembaki anggota TNI yang sedang berpatroli. Dari laporan Satgas ada sekitar 15 orang KST, dan ada yang membawa senjata laras panjang sebanyak 3 pucuk," tambahnya.

Kemudian Prajurit TNI Pos Koramil Dambet Satgas Kodim Yonif R 408/SBH berhasil mengusir dan menghalau KST mundur menuju ke arah Kampung Ogamki, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

Dikatakan Kolonel Inf Aqsha setelah kejadian penembakan kemudian dilaksanakan pengecekan Satgas Kodim Yonif R 408/SBH dan ternyata 1 Personel atas nama Pratu Herianto Anggota Satgas Kodim Yonif R 408/SBH mengalami luka terkena tembakan pada bagian leher bawah telinga dan saat ini kondisi masih dalam keadaan sadar dan stabil serta dievakuasi menuju Puskesmas Beoga, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

a

"Direncanakan evakuasi Pratu Herianto menuju Timika pada hari Jum'at (4/3/2022) dengan menggunakan Pesawat guna mendapatkan penanganan lebih lanjut," tandas Kapendam XVII/Cenderawasih.

Sebelumnya sejumlah pekerja PT Palapa Timur Telematika (PTT) yang tengah mengerjakan tower PTT di Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Rabu (3/3/2022). Akibatnya, delapan pekerja tewas dan satu berhasil selamat.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)